Ridwan Kamil akan Bentuk Tim Saber untuk Hantam Hoaks

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana akan membentuk tim sapu bersih (Saber) hoaks. Tim ini diberi nama Jabar Saber Hoaks

Ridwan Kamil akan Bentuk Tim Saber untuk Hantam Hoaks
TRIBUN JABAR
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 

TRIBUNJOGJA.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana akan membentuk tim sapu bersih (Saber) hoaks.

Rencana itu sempat ia unggah melalui akun sosial media Instagram pribadinya @ridwankamil, Kamis (29/11/2018).

Dalam unggahannya, Ridwan Kamil memasang poster bertuliskan 'Jabar Saber Hoax'.

"Coming soon to make Jabar a better and peaceful places. Agar Jabar tercinta selalu damai dan kondusif selalu #HantamHoax, " tulis Emil, sapaan akrabnya.

Saat dikonfirmasi, secara singkat Emil menjelaskan Jabar Saber Hoaks merupakan sebuah tim yang bertugas untuk memverifikasi segala bentuk informasi hoaks.

"Jadi ini adalah kebutuhan zaman ini. Karena itu, daripada hanya defensif, jadi korban maka harus proaktif. Maka dibentuk tim taktis Jabar Saber Hoax. Tugansya untuk memverivikasi kalau sangat destruktif bisa dilanjutkan ke ranah hukum oleh sebuah lembaga," ujar Emil saat ditemui di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kamis siang.

Emil menilai, tim semacam itu menjadi kebutuhan seiring derasnya arus informasi di masyarakat. Menurut dia, munculnya berita bohong kerap kali memunculkan pertikaian dan mengganggu kondusivitas daerah.

"Bagi kami Pemprov Jabar ada kebutuhan menjaga kondusivitas karena sekarang keresahan masyarakat pertengkaran itu dimulainya dari hadirnya informasi yang meresahkan tidak jarang datang dari berita yang difabrikasi atau bohong. Jenis hoaksnya apa saja yang jadi top of mind warga Jabar" tuturnya.

Disinggung soal cara kerja tim tersebut, Emil mengaku akan mengumumkan program barunya itu pada pekan depan. "Teknisnya nanti saja, Minggu depan," jelasnya. (Dendi Ramdhani)

.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ridwan Kamil Segera Bentuk Tim Saber Hoaks"

Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved