Gunungkidul

Aplikasi Petani Diharapkan Permudah Pemasaran Produk Pertanian Gunungkidul

Aplikasi Petani diharapkan dapat mempermudah petani dalam bercocok tanam maupun pemasaran produk pertanian di Kabupaten Gunungkidul.

Aplikasi Petani Diharapkan Permudah Pemasaran Produk Pertanian Gunungkidul
TRIBUNJOGJA.COM / Wisang Seto P
Sosialisasi aplikasi petani dihadiri puluhan perwakilan kelompok tani, Kamis (29/11/2018), di Bangsal Sewokoprojo. 

Laporan Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL - Aplikasi Petani diharapkan dapat mempermudah petani dalam bercocok tanam maupun pemasaran produk pertanian di Kabupaten Gunungkidul.

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Kabupaten Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto, setelah mengisi kegiatan sosialisasi aplikasi petani, di Bangsal Sewokoprojo, Kamis (29/11/2018).

Menurutnya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dapat mempermudah dan mempercepat kinerja para petani.

Baca: Rumah Joglo Ratusan Tahun Ini Masih Berdiri Kokoh di Saptosari Gunungkidul

"Dengan teknologi dapat mengukur berapa kadar PH tanah, kadar sekian lebih cocok untuk ditanam tanaman apa, lalu dapat melihat cuaca terkini seperti apa, serta informasi ketersediaan pupuk," katanya.

Untuk prakteknya nanti ke depan petani akan didampingi oleh penyuluh.

Satu penyuluh mendampingi empat petani dengan demikian diharapkan petani-petani dapat segera memanfaatkan aplikasi tersebut.

Namun menurutnya, ada beberapa kendala yang ditemui dalam pemanfaatan aplikasi ini, beberapa diantaranya adalah banyaknya petani yang sudah berumur, dan kendala infrastruktur.

"Petani yang sudah sepuh (tua) biasanya tidak mengikuti perkembangan teknologi sehingga harus mengajarkan dari dasar terkait dengan pemanfaatan teknologi, satu diantaranya dengan aplikasi ini," jelasnya.

Baca: Dongkrak Produksi Padi, Batan Kenalkan Varietas Sidenuk Kepada Petani

Dalam aplikasi tersebut banyak bermacam pilihan seperti disediakan vidio tutorial penanaman, hingga cara pemesaran produk pertanian dengan demikian diharapakan aplikasi tersebut dapat mempermudah petani.

Halaman
12
Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved