Jawa

BREAKING NEWS : Hujan Deras dan Angin Kencang di Magelang, Pohon Tumbang Timpa Mobil yang Melintas

Pohon nangka setinggi 10 meter menimpa mobil milik warga yang kebetulan tengah melintas di Jalan Magelang-Temanggung.

BREAKING NEWS : Hujan Deras dan Angin Kencang di Magelang, Pohon Tumbang Timpa Mobil yang Melintas
Dokumentasi BPBD Kabupaten Magelang
Petugas dari Satgas PB BPBD Kabupaten Magelang, dibantu aparat kepolisian dan warga mengevakuasi mobil yang rusak tertimpa pohon tumbang di Dusun Mertan, Desa MadioCondro, Kecamatan Secang di Jalan Magelang-Temanggung, Rabu (28/11/2018) dini hari. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Hujan deras dan angin kencang yang melanda sebagian wilayah kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Rabu (28/11/2018), mengakibatkan sebuah pohon tumbang di Dusun Mertan, Desa MadioCondro, Kecamatan Secang.

Pohon nangka setinggi 10 meter dengan diameter sekitar 30 sentimeter tersebut menimpa mobil milik warga yang kebetulan tengah melintas di Jalan Magelang-Temanggung.

Beruntung, pengemudi mobil, yakni Slamet Bejo (33) selamat dan tidak mengalami luka.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto, mengatakan, kejadian pohon tumbang tersebut terjadi pada Rabu (28/11/2018) sekitar pukul 03.30 WIB dini hari.

Hujan deras melanda wilayah Kecamatan Secang dan sekitarnya sedari malam hari.

Korban, Slamet Bejo (33) warga Ngadirojo, Secang, tengah melintas di jalan alternatif Magelang-Temanggung dini hari, saat tiba-tiba pohon tersebut tumbang dan menimpa mobil yang dikendarainya.

"Pohon tersebut tumbang, dan menimpa mobil korban yang tengah melintas. Korban selamat, namun mobil yang dikendarainya rusak di bagian atapnya," ujar Edy pada Tribunjogja.com, Rabu (28/11/2018).

Baca: Waspadai Hujan Sedang-Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang di Wilayah DIY

Edy mengatakan, tumbangnya pohon tersebut disebabkan karena dahan pohon tak kuat menahan derasnya air hujan dan angin kencang yang meniup batang pohon setinggi 10 meter dengan diameter 30 sentimeter tersebut.

"Akibat kejadian tersebut, pohon yang tumbang itu menutup akses jalan Magelang –Temanggung serta menimpa satu unit mobil yang melintas," ujarnya.

Lanjut Edy, pihaknya dari Satgas PB BPBD Kabupaten Magelang langsung melakukan penanganan terhadap pohon tumbang tersebut, dibantu oleh anggota kepolisian dan warga sekitar.

"Assesment dan penanganan pohon tumbang oleh Satgas PB BPBD Kabupaten Magelang, Polri serta dibantu warga sekitar, kami mengevakuasi dan membersihkan jalan dari sisa pohon yang tumbang," katanya.

Edy pun memberikan himbauan kepada warga untuk tetap hati-hati dan waspada jika terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang, karena dapat memicu pohon tumbang, dan bencana alam lainnya.

"Pemangkasan dapat dilakukan di seluruh wilayah, jika ada dahan yang terlalu tinggi dan pohon rawan tumbang dapat dilakukan penebangan. Kami himbau hati-hati saat hujan deras dan angin kencang, untuk berlindung terlebih dahulu, sebelum meneruskan perjalanan," katanya.(*)

Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved