Gunungkidul

Jogja Smart Province Memerlukan Koordinasi Antar Kabupaten-Kota

Jogja Smart Province tidak bisa berdiri sendiri harus ada koordinasi antar kabupaten atau kota sehingga dalam pelaksanaannya dapat terintegrasi

Jogja Smart Province Memerlukan Koordinasi Antar Kabupaten-Kota
TRIBUNJOGJA.COM / Wisang Seto P
Sosialisasi Jogja Smart Province yang diselenggarakan oleh dinas Kominfo DIY, Selasa (27/11/2018). 

Laporan Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL - Jogja Smart Province tidak bisa berdiri sendiri harus ada koordinasi antar kabupaten atau kota sehingga dalam pelaksanaannya dapat terintegrasi satu dengan lainnya.

Hal tersebut dikemukakan oleh kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) DIY, Rony Primanto Hari, setelah kegiatan sosialisasi jogja smart province di Kabupaten Gunungkidul, Selasa (27/11/2018).

"Sebagai contoh warga kabupaten A akan berpindah tempat tinggal maka warga tersebut tinggal mengentri data dan datanya akan keluar lengkap, tidak perlu repot bolak-balik," katanya.

Ia mengatakan ada berbagai masalah yang tidak dapat dipecahkan oleh satu pihak, kabupaten maupun kota untuk itu diperlukan kolaborasi lebih lanjut antara kabupaten dengan kota.

Baca: Inovasi Garapan Mahasiswi Amikom Jadi Juara 1 Aplikasi Jogja Smart Province

"Dengan program Jogja Smart Province ini menggunakan teknologi informasi untuk mempermudah memecahkan masalah-masalah yang tidak bisa dipecahkan oleh satu pihak saja," terangnya.

Ia mencontohkan beberapa masalah yang sulit untuk dipecahkan satu pihak kabupaten ataupun kota seperti permasalahan lampu lalu lintas.

"Jika hanya kota saja yang menyelesaikan masalah lalu lintasnya sedangkan kabupaten lainnya tidak mengatur lalu lintasnya maka permasalahan tersebut tidak akan selesai, maka perlu integrasi agar masalah tersebut dapat selesai," katanya.

Sekarang proses implementasi Jogja Smart Province dalam tahapan membuat kesepakatan-kesepakatan yang akan dikolaborasikan sesuai dengan prioritas daerah masing-masing.

"Untuk masalah kesiapan dalam hal ini Sumber Daya Manusia (SDM) mungkin Kota Yogya lebih siap, tetapi jika dilihat dari program, tata kelola Gunungkidul termasuk bagus. Dalam waktu satu dua tahun Gunungkidul dapat melangkah cepat dan bisa disejajarkan dengan kabupaten lain," katanya.

Halaman
12
Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved