Jawa

Tim Peneliti Ungkapkan Alasan Kunjungan Museum di Kota Magelang Masih Minim

Tingkat kunjungan masyarakat ke museum-museum di Kota Magelang masih rendah.

Tim Peneliti Ungkapkan Alasan Kunjungan Museum di Kota Magelang Masih Minim
IST
Tiga orang peneliti dari Kota Magelang, Nur Afiyah Maizunati, Yetty Setiyaningsih, Rahayuningtyas melakukan paparan hasil riset tentang tata kelola museum dalam mendukung wisata budaya di Kota Magelang pada kegiatan fasilitasi pelaksanaan riset unggulan daerah yang digelar oleh Badan Penelitian dan Pembangunan (Balitbang) Kota Magelang, Kamis (22/11/2018). 

Laporan Reporter Tribun Kogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG – Tingkat kunjungan masyarakat ke museum-museum di Kota Magelang masih rendah.

Banyaknya museum yang ada di Kota Magelang tak sebanding dengan jumlah pengunjung.

Ketua tim peneliti riset unggulan daerah, Nur Afiyah Maizunati, menuturkan, berdasarkan riset yang dilakukannya bersama tim peneliti yang difasilitasi oleh Badan Penelitian dan Pembangunan (Balitbang) Kota Magelang kunjungan museum di Kota Magelang masih minim atau belum sesuai dengan harapan.

Hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari desain eksterior dan interior yang kurang menarik, infrastruktur kurang lengkap, belum ada pusat layanan informasi, minimnya promosi, kurangnya publikasi, sampai dengan faktor lainnya

Baca: Museum Benteng Vredeburg Menggelar Pameran Keliling di Kulon Progo

"Kami melakukan penelitian tentang museum karena selama ini museum tidak pernah dilirik. Padahal museum ini potensial dan penting," ujar Zuna, Kamis (22/11/2018).

Berdasarkan data dari penelitian yang dilaksanakan dalam kurun waktu 2,5 bulan mulai bulan Agustus-Oktober 2018 oleh tim peneliti riset unggulan daerah yang mengupas tentang museum yakni, Nur Afiyah Maizunati, Yetty Setiyaningsih, Rahayuningtyas.

Per tahun 2017, angka kunjungan museum di Kota Magelang antara lain Museum Sudirman hanya sebanyak 5.946 orang.

Kemudian, Museum BPK sebanyak 44.675, Museum Diponegoro 3.848, Museum OHD 4.320 orang, Museum Abdul Jalil 26.063 orang, dan Museum Bumi Putera yang hanya dikunjungi 1.441 orang per tahun.

Dari hasil penelitian tersebut, tim peneliti pun memberikan rekomendasi kepada pemerintah untuk segera merevitalisasi bangunan museum tanpa mengurangi nilai cagar budaya yang ada.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved