Jawa

Terganjal Masalah Tanah, Pembangunan Terminal Tidar Kota Magelang Terancam Mundur

Pembangunan Terminal Tidar Kota Magelang masih terganjal dengan masalah kepemilikan sebagian lahan yang belum terselesaikan.

Terganjal Masalah Tanah, Pembangunan Terminal Tidar Kota Magelang Terancam Mundur
IST
Suasana Terminal Tidar Kota Magelang, Kamis (22/11/2018). Kondisi Terminal Tidar Kota Magelang yang sampai saat ini belum tertata rapi, dan belum pernah mendapatkan renovasi sejak tahun 1991 lalu. 

Laporan Reporter Tribun Kogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG – Pembangunan Terminal Tidar Kota Magelang masih terganjal dengan masalah kepemilikan sebagian lahan yang belum terselesaikan.

Akibatnya, revitalisasi terminal terancam mundur.

Koordinator Satuan Pelayanan Tipe A Terminal Tidar Kota Magelang, Eko Priyono mengatakan, anggaran awal renovasi sebesar Rp 5 Miliar sudah dipersiapkan pada tahun 2018.

Dana itu untuk merenovasi bangunan utama dan bangunan pendukung.

Kendati demikian, proses pembangunan tak dapat segera dilaksanakan, karena terganjal masalah sertifikat tanah di terminal. "Kemenhub ragu-ragu akan memulainya, karena masih terbentur masalah administrasi sertifikat tanah terminal,” ujar Eko, Kamis (22/11/2018).

Sebenarnya, pada tanggal 7 September 2018 lalu, saat Pemerintah Kota Magelang melaksanakan pengukuran ulang luas terminal. Luas yang diukur adalah sebesar 21.793 meter persegi.

Baca: Walikota Magelang Usulkan Pembangunan Pendopo di Puncak Gunung Tidar

Disusul pada tanggal 13 September 2018 muncul berita acara verifikasi daftar lampiran aset Terminal Tipe A Tidar Kota Magelang berkop surat Kemenhub.

Berita acara ini berisi lima poin, yakni pertama data rincian aset Terminal Tipe A Tidar Kota Magelang yang akan diserahkan kepada Kemenhub sudah lengkap.

Kedua, tanah yang akan diserahkan seluas 21.793 m2 dengan alas hak saat ini berupa surat pernyataan penguasaan tanah yang selanjutkan akan dilakukan proses sertifikasi oleh Pemkot Magelang.

Halaman
123
Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved