Pemilu 2019

KPU DIY Berikan Bimtek dan Sosialisasi Situng Kepada KPU Kabupaten dan Kota

KPU DIY Berikan Bimtek dan Sosialisasi Situng Kepada KPU Kabupaten dan Kota

KPU DIY Berikan Bimtek dan Sosialisasi Situng Kepada KPU Kabupaten dan Kota
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
KPU DIY menggelar 'Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Situng (Sistem Informasi Penghitungan Suara)'di Hotel Mercure pada Rabu (21/11/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM - Pelaksanaan pemungutan suara di TPS, perhitungan suara hingga rekapitulasi hasil perhitungan suara menjadi jantung dalam setiap penyelenggaraan tahapan Pemilu.

Untuk itu, KPU DIY menggelar 'Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Situng (Sistem Informasi Penghitungan Suara)' guna memberikan pemahaman teknis pemilu.

Kegiatan yang diikuti oleh KPU kabupaten dan kota ini berlangsung di Hotel Mercure pada Rabu (21/11/2018).

"Karena pemungutan rekapitulasi itu kan jantungnya pemilu. Intinya di sana, ini hal penting yang harus kita pahamkan kepada KPU kabupaten dan kota, karena nanti KPU kabupaten dan kota yang akan memberikan bimbingan teknis sampai ke PPS," kata Ketua Divisi Teknis KPU DIY, Moh Zaenuri Ikhsan.

Ikhsan menjelaskan teknis yang disampaikan salam bimtek ini mulai dari persiapan, pemungutan suara, perhitungan suara, rekapitulasi di tingkat kecamatan, propinsi sampai nasional sampai penetapan hasil.

"Juga penetapan kursi dari calon terpilih. Bimtek kali ini juga ada beberapa simulasi, seperti pengisian formulir, simulasi memasukkan suara ke dalam kotak. Dengan surat suara sekian nanti akan cukup berapa kita sudah siapkan," ujarnya kepada Tribunjogja.com

Ia melanjutkan, nantinya KPU DIY dalam melaksanakan bimbingan teknis tidak hanya sekali saja.

Nantinya akan diselenggarakan bimtek setelah Peraturan KPU (PKPU) resmi disahkan.

"Jadi tiga PKPU belum disahkan. Nanti kalau sudah ada PKPU kita kaji lagi demgan KPU kabupaten dan kota, sehingga KPU kabupaten dan kota akan menggelar bimtek sampai PPS bahkan sampai KPPS," ucapnya. (tribunjogja)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved