Yogyakarta

Uji Coba Pengalihan Arus Malioboro Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

Sigit menjelaskan, dari hasil rapat yang dilangsungkan kemarin, ada tiga hal yang masih menjadi pertimbangan.

Uji Coba Pengalihan Arus Malioboro Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya
TRIBUNjogja.com | HASAN SAKRI
KAWASAN PEDESTRIAN. Warga beraktivitas di kawasan jalan Malioboro, kota Yogyakarta, Senin (5/11/2018). Direncanakan akan dilaksanakan ujicoba pelaksaaan jalan Malioboro menjadi kawasan pedestrian secara penuh hanya bus Transjogja dan kendaraan tak bermotor yang boleh melintas. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA -  Rencana uji coba pengalihan arus lalu lintas di kawasan Malioboro yang akan dilaksanakan akhir November ini, resmi ditunda.

Dinas Perhubungan DIY belum memutuskan waktu tetap rencana untuk ujicoba ini.

Namun dimungkinkan, uji coba ini akan dilaksanakan awal tahun 2019 mendatang.

“Rencana uji coba rekayasa arus lalu lintas yang direncanakan ditangguhkan. Personel sebenarnya sudah siap, namun ada beberapa pertimbangan dari hasil rapat terakhir,” kata Kepala Dishub DIY, Sigit Sapto Raharjo, Senin (19/11/2018).

Baca: Bus Besar Jadi Perhatian Untuk Pengalihan Arus Lalu Lintas Malioboro

Baca: Ujicoba Pengalihan Arus di Kawasan Malioboro Resmi Ditunda Hingga Tahun Depan, Ini Alasanya

Sigit menjelaskan, dari hasil rapat yang dilangsungkan kemarin, ada tiga hal yang masih menjadi pertimbangan.

Diantaranya, perayaan Sekaten dan Grebeg Sekaten yang tentu saja akan membuat uji coba ini mundur.

Selain itu, juga akan memasuki bulan Desember yang merupakan perayaan Natal bagi umat Kristiani dan tahun baru. Sehingga, rencana ini juga nantinya akan berjalan kurang optimal.

Sejumlah petugas Dishub DIY dan Ditlantas DIY melaksanakan survei jalan terkait dengan rencana uji coba pengalihan arus jalan di kawasan Malioboro, Kamis (8/11/2018). Petugas memetakan kebutuhan untuk pengalihan jalan termasuk memproyeksi beberapa jalan yang akan berubah arah.
Sejumlah petugas Dishub DIY dan Ditlantas DIY melaksanakan survei jalan terkait dengan rencana uji coba pengalihan arus jalan di kawasan Malioboro, Kamis (8/11/2018). Petugas memetakan kebutuhan untuk pengalihan jalan termasuk memproyeksi beberapa jalan yang akan berubah arah. (IST)

Di sisi lain, adanya himbauan pada Dishub untuk melakukan sosialisasi sebelum pelaksanaan uji coba tersebut.

“Ada masukan ke kami dari anggota dewan kota agar melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Sosialisasi ini penting agar tidak timbul gejolak di masyarakat mengenai uji coba ini,” paparnya.

Melalui pertimbangan tersebut, pihaknya bersama dengan Polda DIY dan pemangku kebijakan lainnya sepakat untuk menunda pelaksanaan uji coba pengalihan arus lalu lintas di sekitar kawasan Malioboro. 

Baca: PKL Berharap Dilibatkan Dalam Penataan Semipedestrian Malioboro

Baca: Dishub DIY Bakal Uji Coba Pengalihan Arus Lalu Lintas di Kawasan Semi Pedestrian Malioboro

Pihaknya pun akan melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat terlebih dahulu sebelum nantinya akan melaksanakan rekayasa arus lalu lintas tersebut.

Utamanya, ujar dia, jalur yang sebelumnya dua arah menjadi satu arah dan sangat berpengaruh pada masyarakat. (tribunjogja)

Penulis: ais
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved