Fenomena Begpackers, Begini Cara Thailand dan Hong Kong Mencegah Wisatawan Pengemis

Fenomena begpackers sering ditemui di negara-negara Asia. Para turis begpackers akan mengemis di tengah keramaian untuk mendapatkan uang

Fenomena Begpackers, Begini Cara Thailand dan Hong Kong Mencegah Wisatawan Pengemis
IST/The Independent
Begpackers atau wisatawan mengemis di negara yang dikunjungi dengan berbagai alasan. 

TRIBUNJOGJA.COM - Fenomena begpackers sering ditemui di negara-negara Asia. Para begpackers akan mengemis di tengah keramaian untuk mendapatkan uang agar mereka bisa kembali melanjutkan perjalanan atau untuk kembali ke negaranya.

Tidak hanya di Indonesia, hal serupa juga terjadi di negara Asia lainnya, seperti Singapura, Vietnam, Taiwan, dan Thailand.

Untuk menghentikan kebiasaan ini, pemerintah Thailand mulai memperketat imigrasi untuk mencegah turis mengemis di negaranya.

Selain itu, para turis diminta untuk menunjukan uang tunai kepada petugas migrasi. Hal ini dilakukan agar para turis yang berkunjung ke Thailand tidak mengemis atau bekerja secara ilegal.

Dikutip dari Thaivisa, petugas imigrasi Thailand mengatakan bahwa mereka berhak untuk meminta informasi lebih lanjut jika mencurigai turis yang datang. Meski begitu, tidak disebutkan jumlah uang tunai yang harus ditunjukan.

Dilansir dari Kompas.com, Senin (19/11/2018), seorang wisatawan dikabarkan tidak dapat masuk ke Thailand karena hanya membawa uang tunai 20.000 Bath atau sekitar 9 juta rupiah.

Hong Kong Siapkan Sanksi

Sedangkan di Hong Kong, pihak berwenang akan memberikan sanksi jika turis didapati mengemis di jalanan.

Dikutip dari Hong Kong Free Press, mengemis di Hong Kong merupakan sesuatu yang dianggap ilegal. Karena itu, bagi siapapun yang mengemis di jalaan Hong Kong akan dikenakan denda 500 dollar Hongkong atau sekitar 950 ribu rupiah, serta dipenjara selama satu tahun. (Nesa Alicia/NGI)

Editor: iwanoganapriansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved