Waspada Jika Air Kencing Anak Dikerubuti Semut, Segeralah Periksakan

Belakangan diabetes semakin sering ditemukan pada anak-anak. Salah satu cara mudah mengetahuinya adalah bila air kencingnya dikerubuti semut

Waspada Jika Air Kencing Anak Dikerubuti Semut, Segeralah Periksakan
IST
Ilustrasi buang air kecil di toilet umum 

TRIBUNJOGJA.COM - Diabetes atau sering disebut “kencing manis” cuma masalahnya orang dewasa? Oh tidak. Siapa pun dia dan berapa pun umurnya, bisa terkena.

Bahkan belakangan diabetes semakin sering ditemukan pada anak-anak. Salah satu cara mudah mengetahuinya adalah bila air kencingnya dikerubuti semut. Bila mendapati seperti ini, harus segera ditindaklanjuti pemerikaan medis.

Salah satu diabetesi anak adalah Mohamad Firas. Ketika masih duduk di kelas 2 SMP, ia bermasalah dengan kesehatannya. Berat badannya terus turun meskipun nafsu makannya tinggi.

Makannya banyak, minumnya juga banyak karena cepat merasa lapar dan haus. Malam hari, ia sering harus bangun dari tidur untuk buang air kecil.

Firas beruntung orangtuanya cukup tanggap. Ia segera diantar ke dokter yang segera mengenali penyakitnya itu. Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan, ia dinyatakan menderita diabetes melitus (DM) tipe 1.

Saat itu keluarganya cuma bisa heran, anak kok divonis diabetes. Dipikirnya selama ini diabetes cuma diderita orang dewasa.

Nasib Firas juga bisa diderita anak-anak lain. Mungkin saja sebagian dari mereka tidak segera mendapat perawatan yang tepat.

Pankreas rusak

Mari kita kenali dulu si diabetes melitus (DM) ini. Berdasarkan jenisnya, ia dikelompokkan menjadi tipe-1, tipe 2, tipe Iain-lain, dan DM gestasional. Orang dewasa biasanya terkena DM tipe 2, yang muncul karena hormon insulin (pengatur kadar gula darah) tidak berfungsi normal.

Memeriksakan anak sejak dini
Memeriksakan anak sejak dini ()
Halaman
1234
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved