Kesehatan

Penyakit Ini Perlu Diwaspadai Saat Musim Penghujan

Penyakit Ini Perlu Diwaspadai Saat Musim Penghujan. Warga Harus Menjalankan Pola Hidup Sehat.

Penyakit Ini Perlu Diwaspadai Saat Musim Penghujan
Net
Ilustrasi: Demam Berdarah 

Laporan Reporter Tribun Jogja Ahmad Syarifudin

TRIBUNJOGJA.COM - Memasuki musim penghujan, seperti saat ini, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai terkait datangnya sejumlah penyakit.

Kepala Dinas Kesehatan Bantul, drg Maya Sintowati Pandji, mengatakan, memasuki datangnya musim hujan masyarakat diminta mewaspadai sejumlah penyakit, di antaranya, penyakit Demam Berdarah (DBD), Leptospirosis, hingga keracunan makanan.

Baca: Bupati Bantul Masih Rahasiakan Sekda Terpilih, Baru Diumumkan Setelah Lapor Sultan

"Musim hujan yang perlu diwaspadai, penyakit DBD, leptospirosis dan keracunan makanan. Kalau keracunan makanan, intinya, jangan sampai makanan itu, bau, rasa, dan warnanya berubah, itu yang perlu diantisipasi," katanya, Jumat (16/11/2018)

Mengenai tanda-tanda berbagai penyakit itu, menurut Maya, masyarakat sudah pada tahu. Sehingga apabila sudah mulai terasa sakit, sebaiknya segera pergi ke layanan kesehatan. Mengantisipasi dampak yang lebih buruk terjadi.

Baca: Harga Barang Stabil, Inflasi hingga Akhir 2018 Ditargetkan hanya 3,2 Persen

Adapun persiapan untuk menghadapi musim penghujan, Maya menyarankan masyarakat untuk memakai jaket ketika bepergian. Selalu menjaga kondisi tubuh.

"Kena hujan ya tidak apa-apa. Sedia payung sebelum hujan, Mantol. Kemudian kok greges-greges, ya segera ke Puskemas," tutur dia. (tribunjogja)

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved