Yogyakarta

Dongkrak Dana Zakat, Baznas Lakukan Digitalisasi

Proses digitalisasi dilakukan dari penyediaan sistem aplikasi untuk memperluas jangkauan, pelayanan, penghimpunan, hingga pendistribusian dana zakat.

Dongkrak Dana Zakat, Baznas Lakukan Digitalisasi
istimewa
Dongkrak Dana Zakat, Baznas Lakukan Digitalisasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) tengah melakukan proses digitalisasi dalam meningkatkan jumlah dana zakat.

Proses digitalisasi dilakukan dari penyediaan sistem aplikasi untuk memperluas jangkauan, pelayanan, penghimpunan, hingga pendistribusian dana zakat ke mustahik. 

"Kita harapkan dana zakat yang akan dikelola akan meningkat secara signifikan,” kata Ketua Baznas Prof Dr Bambang Sudibyo, MBA kepada wartawan usia membukan konferensi internasional tentang zakat yang ke-2 di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM, Kamis (15/11/2018).

Bambang Baznas merupakan lembagha keuyangan syariah yang dikelola oleh pemerintah dan daerah. 

Sebagaimana lembaga keuangan, trend yang terjadi sekarang ini hampir semua lembaga keuangan melakukan proses digitalisasi.

Sehingga mau tidak mau Baznas pun melakukan hal yang sama.

“Apabila tidak melakukan digitalisai maka akan tersingkir termasuk Baznas dan Laz sehingga perlu melakukan digitalisasi,” ungkapnya. 

Ia menyebutkan dalam beberapa tahun terakhir Baznas telah melakukan perubahan secara internal untuk mendorong proses digitalisasi tersebut.

Menurutnya proses digitalisasi ini memang tidak mudah apalagi SDM Baznas di daerah sangat terbatas baik secara kuantitas dan kualitas.

Dengan adanya proses digitaliasi ini akan mendukung peran Baznas dalam proses transprasni dan akuntabilitas ke masyarakat.

Halaman
123
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved