Betulkah Memperkecil Lambung Bisa Atasi Diabetes, Ini Penjelasannya

Operasi bariatrik adalah operasi penurunan berat badan dengan cara memanipulasi ukuran lambung. sehingga asupan makanan ke lambung akan terbatas

Betulkah Memperkecil Lambung Bisa Atasi Diabetes, Ini Penjelasannya
IST/Oren
Ilustrasi Obesitas dan diet 

TRIBUNJOGJA.COM - Hari Diabetes Sedunia diperingati setiap 14 November. Memperingati Hari Diabetes Sedunia yang bertepatan pada hari ini, banyak yang kembali mengingatkan untuk mewaspadai penyakit gula yang semakin banyak diidap penduduk Bumi saat ini.

Seperti yang kita tahu, faktanya obesitas di negeri kita terus meningkat. Dalam skala dunia, Indonesia beradadi posisi ke-10 menurut Global Burden Diseases yang dipublikasikan pada 2014.

Baca: Sticker The Jewel of Java Akan Diwajibkan Pula di Angkot

Data terakhir dari Riset Kesehatan Nasional (Riskesnas) tahun 2016 menunjukkan, 20,7% penduduk dewasa berusia di atas 18 tahun mengalami obesitas.

Ada berbagai cara untuk menurunkan berat badan. Seperti diet, olahraga, mengurangi asupan karbohidrat, dan masih banyak lagi.

Hanya saja masih banyak yang gagal menurunkan berat badan sekalipun sudah mencoba berbagai cara.

Ada juga yang katanya sudah olahraga, tapi hasilnya tidak signifikan.

Kalaupun ada berat badan yang berkurang, hanya sedikit saja. Sulit sekali rasanya mempertahankan kebiasaan hidup untuk mendukung berat badan tetap stabil.

Kegagalan ini yang bikin banyak orang gemuk menjadi frustrasi. Sebab sekalipun sudah berjuang sedemikian rupa, hasil perjuangannya paling-paling bertahan beberapa tahun saja.

Tetapi, jangan sedih dulu. Sebab masih ada harapan dari perkembangan ilmu dan teknologi medis masa kini untuk menurunkan berat badan. Salah satunya adalah operasi bariatrik.

Halaman
1234
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved