Yogyakarta

KPU DIY : Ada Peningkatan Jumlah Pemilih Sebesar 4.4806 Orang dalam Rekapitulasi DPTHP 2

Dari rapat pleno terbuka rekapitulasi DPTHP 2 ini hasilnya ada peningkatan jumlah pemilih dari DPTHP 1.

KPU DIY : Ada Peningkatan Jumlah Pemilih Sebesar 4.4806 Orang dalam Rekapitulasi DPTHP 2
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawetri
KPU DIY menyelenggarakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) 2 Pemilu Tahun 2019 Tingkat Provinsi di Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta, Selasa (13/11/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Untuk pemutakhiran daftar pemilih, KPU DIY menyelenggarakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) 2 Pemilu Tahun 2019 Tingkat Provinsi di Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta, Selasa (13/11/2018).

Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan mengatakan, dari rapat pleno terbuka rekapitulasi DPTHP 2 ini hasilnya ada peningkatan jumlah pemilih dari DPTHP 1.

Baca: Maksimalkan Sosialisasi Pemilu, KPU DIY Buka Stan di Sekaten

Ia menyebutkan, adapun peningkatan jumlah pemilih yakni sebesar 44.806 pemilih.

Selain itu, ia mengatakan, juga adanya penambahan jumlah TPS dengan jumlah TPS di DIY sebelumnya yakni 11776 TPS.

"Karena ada tambahan pemlih baru yang cukup signifikan, khususnya dari Kota Yogyakarta dan juga Kabupaten Sleman,  maka TPS Sleman dan Kota Yogyakarta masing-masing bertambah dua. Jadi total bertambah empat itu menjadi 11780 TPS," ujar dia pada Tribunjogja.com.

Baca: KPU DIY Pastikan Pemilih Telah Memenuhi Syarat Melalui Coklit Terbatas

Hamdan menjelaskan, untuk jumlah DPTHP 1 itu awalnya berjumlah 2.6894.024 pemilih, setelah melalui perbaikan pada DPTHP 2 menjadi 2.733.830 pemilih.

Ia menambahkan, pergerakan jumlahnya memang tidak murni karena adanya tambahan dari pemilih baru saja, namun juga ada pengurangan karena pemilih tidak memenuhi syarat.

"Kalau tambahan pemilih baru ada 60 ribu, tapi pada saat yang sama ada juga pemilih yang tidak memenuhi syarat misalnya meninggal dunia, tercatat ganda. (Jumlah) yang itu mengurangi yang 60 ribu tadi, sehingga tambahannya 44.806 pemilih," katanya. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved