Pemilu 2019

Sudah Ditetapkan, Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Masih Bermasalah

Upaya untuk memutakhirkan data pemilih hingga saat ini belum mampu mengatasi permasalahan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu 2019.

Sudah Ditetapkan, Daftar Pemilih Tetap  Hasil Perbaikan Masih Bermasalah
Tribun Jogja/ Siti Umaiyah
Talkshow Membersihkan DPT HP 2, Mungkinkah? di Cafe Silol, Kotabaru, Yogyakarta pada Senin (12/11/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM - Upaya untuk memutakhirkan data pemilih hingga saat ini belum mampu mengatasi permasalahan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu 2019.

Hingga ditetapkan menjadi DPT HP 2, masih ditemukan permasalahan data pemilih, termasuk di antaranya data ganda.

Hal tersebut disampaikan oleh Mohammad Najib, Ketua Presidium JaDI (Jaringan Demokrasi Indonesia) DIY saat menggelar Talkshow Membersihkan DPT HP 2, Mungkinkah? di Cafe Silol, Kotabaru, Yogyakarta pada Senin (12/11/2018).

Najib menerangkan selama ini permasalahan DPT selalu saja didapati saat pemilihan. Padahal untuk DIY sendiri sesungguhnya memiliki wilayah yang tidak terlalu luas. Meskipun demikian, permasalahan DPT masih saja terjadi.

"Di sini kita ingin mengurai persoalan data pemilih. Kalau kita lihat di lapangan, DIY ini kecil, tapi terkait DPT HT 2 masih ada masalah. Kami terpanggil untuk bisa mewujudkan pembersihan terhadap DPT HP 2. Daftar pemilih adalah aspek pemilu yang paling masif," ungkapnya.

Dia mengatakan untuk membersihkan DPT sendiri tidak cukup hanya dilakukan oleh KPU dan Bawaslu, namun juga masyarakat yang harus memiliki peran aktif.

"Banyak sekali penduduk yang belum tertib administrasi. Banyak warga DIY yang tidak tinggal di DIY tapi KTP masih DIY. Saya rasa hal tersebut juga menjadi penyumbangan masalah. KPU di level provinsi kab/kota sudah sungguh sungguh memastikan. Kalau kita hanya mengandalkan KPU dan Bawaslu tidak bisa menyelesaikan persoalan, tapi masyarakat juga punya peran aktif," terangnya. (tribunjogja)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved