Pendidikan

Beban Administrasi Membelenggu Dosen dan Peneliti

Para dosen di Indonesia menghadapi tantangan yang kompleks untuk sampai pada tataran cendekiawan.

Beban Administrasi Membelenggu Dosen dan Peneliti
net
UIN sunan kalijaga 

TRIBUNJOGJA.COM - Prof Phil Al Makin, dikukuhkan Sebagai Guru Besar Filsafat.

Dosen Fakultas Ushuluddin UIN Yogyakarta ini, dalam pidato guru besarnya mengusung judul "Bisakah Menjadi Ilmuwan di Indonesia? Keilmuan-Birokrasi dan Globalisasi".

Prof Al Makin menyampaikan bahwa, para dosen di Indonesia menghadapi tantangan yang kompleks untuk sampai pada tataran cendekiawan.

Menurut Al Makin, tantangan dan problem kecendekiawanan saat ini sudah berbeda dengan sebelumnya.

Disamping diperlukan riset yang lebih mendalam, dengan metode dan teori terkini, media dan publikasi juga telah jauh berubah.

"Perkembangan jurnal, penelitian, dan globalisasi ilmu menuntut para cendekiawan di Indonesia untuk mengikuti alur baru. Seperti Scopus H-Index, Sitasi dan lain sebagainya," jelasnya pada Tribunjogja.com.

Baca: UIN Sunan Kalijaga Gelar Seminar Nasional Pemuda dan Bela Negara

Dunia sudah berubah, menurutnya, cendekiawan harus mengikuti dan tidak bisa lagi menawarkan hal yang sama dengan para pendahulu.

"Kita apresiasi para pendahulu kita, kritik dan pujian, sekaligus kita tawarkan yang sesuai dengan era kini. Jika ojek saja sudah online maka apalagi ilmuwan. Tidak layak, jika ilmuwan kini masih manual dan analog, belum digital," tambahnya.

Prof Al Makin memaparkan tantangan kompleks yang melingkupi para dosen di Indonesia untuk menjadi cendekiawan/ilmuwan berkelas dan bisa mendunia adalah beban administrasi yang sangat berat.

Selain itu kesejahteraan yang minim membuat para dosen/peneliti tak maksimal mengembangkan keilmuannya.

Halaman
12
Penulis: nto
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved