Bantul

Pagelaran Dongeng Jogja 'Awicarita 2018' Digelar di Hutan Pinus Asri Bantul

Awicarita Festival 2018 merupakan sebuah rangkaian festival bercerita dan gelaran sayembara dongeng

Pagelaran Dongeng Jogja 'Awicarita 2018' Digelar di Hutan Pinus Asri Bantul
Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Awicarita Festival 2018 Pagelaran Dongeng Jogja di Hutan Pinus Asri, Minggu (11/11/2018) pagi. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Gerakan literasi Nusantara #akubaca yang diinisiasi oleh Kompas Gramedia bekerjasama dengan Rumah Dongeng Mentari (RDM), menggelar acara Awicarita Festival 2018 "Pagelaran Dongeng Jogja" di Hutan Pinus Asri, Minggu (11/11/2018) pagi.

Hadir dalam kesempatan ini pendongeng sekaligus pendiri rumah dongeng mentari, Kak Rona Mentari, Pendongeng nasional, Kak Ario Zidni, Juru Hikayat aceh, Bang Fuadi, aktris, Meyda Shafira, Pendongeng Asal Italia, Giovanna conforto, serta pendongeng asal Filipina, Richard Dian Villar.

Sebagai tamu kehormatan, menurut rencana permaisuri kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat, GKR Hemas, juga akan turut hadir pada acara ini.

Awicarita Festival 2018 merupakan sebuah rangkaian festival bercerita, terdiri dari gelaran sayembara dongeng, kemah dongeng, dan pagelaran dongeng Jogja.

Akhir dari rangkaian Awicarita Festival 2018 dengan digelarnya Pagelaran Dongeng Jogja yang mempertemukan para penutur (pendongeng) terbaik, dengan para pendengar.

Uniknya, dongeng dilakukan di alam terbuka yakni panggung sekolah hutan pinus asri Imogiri, Bantul.

Anak-anak dan masyarakat pun tampak antusias mendengarkan cerita dari para pendongeng.

Di sisi lain, masih di lokasi hutan Pinus Asri juga dilakukan pagelaran buku oleh #akubaca bekerjasama dengan 7 relawan ilustrator untuk disumbangkan ke komunitas di Yogyakarta.

Menariknya, setiap pengunjung yang mendonasikan bukunya, baik buku bekas ataupun buku baru, akan mendapatkan (digambar) ilustrasi wajah dirinya secara gratis. (*)

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved