Gunungkidul

Memasuki Awal Musim Penghujan, BPBD Gunungkidul Imbau Warga Waspadai Potensi Bencana

Potensi bencana lainnya saat memasuki musim hujan adalah banjir serta tanah longsor di kawasan utara Gunungkidul

Memasuki Awal Musim Penghujan, BPBD Gunungkidul Imbau Warga Waspadai Potensi Bencana
ist/net
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribunjogja.com, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL - Memasuki awal musim hujan di bulan November, ada beberapa potensi bencana di Kabupaten Gunungkidul seperti angin puting beliung dan pohon tumbang yang patut diwaspadai.

Hal tersebut diutarakan oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul, Edy Basuki, saat dihubungi Tribunjogja.com, Minggu (11/11/2018).

"Menurut informasi BMKG masih belum memasuki musim penghujan, masih pancaroba, potensi bencana yang mengikuti adalah angin puting beliung," katanya.

Selain angin puting beliung, menurutnya potensi bencana lainnya saat memasuki musim hujan adalah banjir serta tanah longsor di kawasan utara Gunungkidul.

"Beberapa hari ini intensitas hujan cukup tinggi wilayah-wilayah seperti Pathuk, Nglipar, Gedangsari, Ngawen, Semin, dan Ponjong bagian utara memiliki potensi bencana longsor," paparnya.

Edy mengimbau kepada warga Gunungkidul yang bertempat tinggal di daerah bawah lereng yang curam, saat musim hujan dan intensitas waktunya lama dimohon untuk pindah ke kawasan yang lebih aman.

"Bisa pindah ketempat saudara paling tidak ada kewaspadaan," imbuhnya.

Ia menjelaskan nantinya akan berkoordinasi dengan forum pengurangan risiko bencana terkait dengan menghadapi musim pancaroba maupun musim hujan.

Disinggung antisipasi kerugian maupun korban jiwa, Edy mengatakan untuk korban jiwa bantuan keuangan akan diserahkan Pemkab melalui Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD).

"Tetapi untuk bantuan material kita membantu, seperti logistik untuk masyarakat yang melakukan kerja bakti yang terkena dampak bencana," paparnya.

Ia menghimbau kepada masyarakat Gunungkidul untuk mengurangi ranting pohon besar yang ada di sekitar rumah-rumah warga karena untuk antisipasi terjangan puting beliung.

"Lingkungan rumah jangan ada pohon-pohon besar," imbuhnya.

Terpisah, Koordinator SAR Satlinmas Korwil II, Marjono, mengatakan memasuki musim penghujan saat ini gelombang pantai selatan Gunungkidul cenderung landai, tetapi walaupun landai tetap perlu diwaspadai arus balik dari gelombang tersebut.

"Terutama daerah-daerah yang di dekat palung, tetap waspada dengan arus balik gelombang. Karena saat gelombang landai seperti ini titik rendah arus balik perlu diwaspadai," katanya. (*)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved