Bantul

LAPAN : Hasil Litbangyasa Bisa Untuk Dukung Program Pembangunan di Daerah

LAPAN : Hasil Litbangyasa Bisa Untuk Dukung Program Pembangunan di Daerah

LAPAN : Hasil Litbangyasa Bisa Untuk Dukung Program Pembangunan di Daerah
Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Lapan sosialisasikan hasil Litbangyasa di Pendopo Gandung Pardiman center, Karang Tengah, Imogiri, Bantul, Sabtu (10/11/2018) 

Laporan Reporter Tribun Jogja Ahmad Syarifudin

TRIBUNJOGJA.COM - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menggelar Sosialisasi hasil Litbangyasa, di Pendopo Gandung Pardiman center (GPC), Karang Tengah, Imogiri, Bantul, Sabtu (10/11/2018).

Hadir dalam sosialisasi tersebut, anggota DPR RI komisi VII, Drs HM Gandung Pardiman, dan Asisten Sekda Bantul bagian Perekonomian dan Pembangunan, Bambang Guritno serta sejumlah mahasiswa dari perguruan tinggi di Yogyakarta.

Kepala Biro Kerjasama Humas dan Umum, Chris Dewanto, mengatakan sebagai lembaga pemerintah non kementerian Indonesia yang melaksanakan tugas pemerintahan di bidang penelitian dan pengembangan kedirgantaraan, Lapan memiliki bank data penginderaan jauh nasional.

Menurutnya, semua citra-citra satelit di Indonesia dikumpulkan di Lapan sejak lama. Dari resolusi rendah, menengah bahkan sangat tinggi di bawah satu meter ada.

Baca: Pengurus Pusat PMKRI Gelar Saarasehan dan Deklarasi Pemuda Indonesia Membangun Bangsa

"Ada yang 30 centimeter, ada yang 50 centimeter. Nah semua itu dikumpulkan di Lapan dan itu dikoleksi lama. Mungkin sejak tahun 70-an. Sampai sekarang dikumpulkan," ujar Chris, Sabtu (11/10/2018)

Citra satelit dan data yang ada di Lapan, lanjut Chris, dapat sangat bermanfaat untuk inventarisasi dan update data, seperti mitigasi bencana, komoditas pertanian, pemukiman, pariwisata, pertambangan hingga tata kota.

"Sekarang ini dunia programnya SGD (Sustainable Development Gold) pembangunan yang berkelanjutan," tutur dia.

Indonesia, lanjut Chris, sebenarnya sudah memiliki Peraturan presiden nomor 9 tahun 2017 setebal 102 halaman yang mengatur tentang itu. Tujuannya, tidak lain, untuk mengurangi kemiskinan dan kelaparan.

Dunia sudah bergerak mengarah ke arah pembangunan berkelanjutan. Asia Pasifik juga sudah mengawali pembangunan itu dengan membuat Asian Plan.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved