Aneh, Gunung Es di Antartika Ini Berbentuk Persegi Empat Sepanjang 1,6 Kilometer

Dalam foto yang diunggah NASA Rabu (17/10) lalu, tampak gunung es dengan bentuk persegi yang sempurna, sedang mengapung di perairan Antartika

Aneh, Gunung Es di Antartika Ini Berbentuk Persegi Empat Sepanjang 1,6 Kilometer
IST/NASA
Gunung es persegi empat di Antartika yang berhasil diabadikan Badan Antariksa AS (NASA) 

TRIBUNJOGJA.COM - Baru-baru ini, sebuah foto yang diambil oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (National Aeronautics and Space Administration/NASA) dalam proyek Operation IceBridge, membuat banyak orang kebingungan.

Pasalnya, dalam foto yang diunggah pada Rabu (17/10/2018) lalu, tampak sebuah gunung es dengan bentuk persegi yang sempurna, sedang mengapung di perairan Antartika.

Banyak orang menduga, gunung es tersebut adalah rekayasa manusia atau dipotong oleh alien karena pinggirnya yang terlalu lurus sangat mencurigakan.

Namun, kedua dugaan tersebut terbukti salah. Tidak ada alien yang datang ke Bumi untuk memotong es tersebut menjadi balok-balok raksasa. Menurut peneliti, gunung es tersebut terbentuk secara alami.

Gunung es terbagi menjadi dua jenis berdasarkan bentuknya, yaitu non tabular dan tabular. Non tabular sendiri seperti yang biasa dilihat -- bentuknya tidak beraturan dan memanjang ke bawah air. Sedangkan, tabular adalah gunung es dengan permukaan datar dan sisi yang vertikal.

Gunung es persegi empat di Antartika
Gunung es persegi empat di Antartika (IST/NASA)

Gunung es tabular biasanya terbentuk ketika ada lempengan es yang patah. Dalam penampakan baru ini, gunung es merupakan patahan baru dari lempeng Larsen C yang belum dipahat oleh angin dan arus lautan.

Kelly Brunt seorang peneliti dari University of Maryland, mengatakan bahwa Anda bisa membayangkan seperti kuku yang tumbuh terlalu panjang dan akhirnya patah. Patahan tersebutlah yang biasanya menghasilkan garis yang geometris dan lurus.

Biasanya, gunung es tabular bisa mencapai ratusan hingga ribuan kilometer persegi. Sebuah gunung es yang disebut dengan B-15 bahkan memiliki luas 11.000 kilometer persegi.

Dibandingkan B-15, Brunt mengatakan bahwa gunung es yang ditemukan NASA kali ini tidak ada apa-apanya. Ukurannya kemungkinan hanya sekitar 1,6 kilometer persegi. (Loretta Novelia Putri/NGI)

Editor: iwanoganapriansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved