Pendidikan

SD Mudanta Sosialisasikan Program Sekolah Lewat Pawai Ta'aruf

Kegiatan ini, dikatakan Kepala Sekolah SD Mudanta, Sri Isdiyanti yakni sebagai langkah untuk menyosialisasikan berbagai program SD tersebut

SD Mudanta Sosialisasikan Program Sekolah Lewat Pawai Ta'aruf
TRIBUNJOGJA.COM / Yosef Leon Pinsker
Sejumlah siswa bersiap untuk mengikuti pawai ta'aruf yang diselenggarakan oleh SD Mudanta, Jumat (9/11/2018). Pawai tersebut bertujuan untuk menyosialisasikan program sekolah sekaligus dalam rangka pra PPDB. 

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja Yosef Leon Pinsker

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Danunegaran Yogyakarta (Mudanta) menyelenggarakan pawai ta'aruf dan syi'ar di komplek sekolah setempat pada Jumat (9/11/2018) pagi.

Kegiatan ini, dikatakan Kepala Sekolah SD Mudanta, Sri Isdiyanti yakni sebagai langkah untuk menyosialisasikan berbagai program SD tersebut kepada masyarakat sekitar.

Selain itu, sambung dia, pawai ta'aruf dan juga syi'ar tersebut dilakukan dalam rangka pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019-2020.

"Sebagian kecil masyarakat kemungkinan ada yang belum tahu kalau SD Mudanta ada disini," kata dia.

Baca: SD Mudanta Siap Membuka Diri

Maka dari itu, dalam susunan dan parade tersebut kelompok barisan akan disesuaikan dengan menampilkan kegiatan yang selama ini telah dilakukan oleh SD Mudanta.

Pada sisi depan barisan, akan ditampilkan ekstrakurikuler drumben, dilanjutkan dengan barisan tapak suci, pengenalan budaya daerah yang ditunjukkan dengan sebagian anak mengenakan pakaian adat Jawa, serta seragam lain yang sehari-hari digunakan oleh para murid.

"Rute yang ditempuh hanya disekitaran komplek sekolah, kurang lebih sekitar 3 KM," tambah dia.

Dengan didampingi oleh para guru dan para wali murid, tepat pukul 07.00 WIB, barisan yang dikomandoi oleh seorang mayoret mulai beratraksi.

Anak-anak dengan lincah, kompak dan tertib mulai memainkan alat musik masing-masing dengan semangat.

Barisan kedua, yakni Hafezz, Bintang, Dio, Karisa, Agila, Najwa, dan Fahri, bertugas mengibarkan bendera sepanjang pawai, kemudian dibagikan pula bunga dan poster yang memuat seputar informasi dari sekolah.

Baca: Dukung Program Study ke Luar Negeri, SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta Kerjasama dengan UiTM Malaysia

Lagu-lagu yang dibawakan selama pawai berlangsung merupakan lagu nasional, hal ini dikatakan Sri Isdiyanti sebagai wujud untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada para murid.

"KBM (kegiatan belajar mengajar) memang kita kosongkan pada jam ini, namun pawai ini juga merupakan bagian dari proses KBM dan salah satunya mengajarkan siswa untuk bisa bersosialisasi kepada masyarakat guna menciptakan kondisi yang bersahabat pada lingkungan setempat," imbuhnya.

Pada PPDB mendatang, pihaknya menargetkan akan dapat menjaring sebanyak 60 orang siswa-siswi yang akan menempuh pembelajaran disekolah tersebut. (TRIBUNJOGJA.COM)

Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved