Yogyakarta

Realisasi Hibah Rehab Rekon Lebih Kecil dari Usulan BPBD DIY

Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendapatkan dana hibah sebanyak Rp 65,1 miliar.

Realisasi Hibah Rehab Rekon Lebih Kecil dari Usulan BPBD DIY
TRIBUNJOGJA.COM / Setya Krisna Sumarga
Ilustrasi: Hujan dahsyat efek Siklon Tropis Cempaka 27-29 November 2017 menguak sebagian misteri kawasan karst Gunungkidul. Jutaan meter kubik air hujan menggelontor, memenuhi, saluran besar dan kecil sistem akuifer bawah tanah. Luweng Jomblang, Ngingrong, Bribin, Kalisuci tergenang ekstrem. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendapatkan dana hibah sebanyak Rp 65,1 miliar.

Dana tersebut nantinya akan disalurkan untuk membiayai rehabilitasi dan rekontruksi sejumlah infrastruktur yang terdampak badai siklon cempaka.

Kepala Pelaksana BPBD DIY, Biwara Yuswanta menjelaskan, dana hibah sebesar Rp 65.128.307.500 ini diterima oleh Sekda DIY, Gatot Saptadi.

Adapun pemberi dana hibah dari pemerintah pusat ini diwakili Direktur Pembiayaan dan Transfer Non Dana Perimbangan atas nama Menteri Keuangan RI Ubaidi Socheh Hamidi di kantor BNPB, 7 November lalu.

"Usai mendapatkan hibah ini, tentu kami akan mempersiapkan dokumen-dokumen persyaratan untuk penyaluran," jelasnya kepada Tribun Jogja, Jumat (9/11/2018).

Baca: BNPB Gelontorkan Rp 4 M untuk Terdampak Siklon Cempaka

Selain persiapan dokumen, BNPB juga masih akan melaksanakan asistensi kepada provinsi, kabupaten atau kota prov penerima hibah untuk pengisian dokumen-dokumen tersebut, seperti penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA).

Pemda, kata dia, selaku penerima hibah diberi waktu maksimal 30 hari setelah penandatangan perjanjian tersebut.

Jangka waktu ini untuk mengajukan permintaan penyaluran hibah tersebut dengan memenuhi  persyaratan-persyaratan yang sudah ditentukan.

Bersamaan dengan penandatangan perjanjian hibah tersebut, dilakukan pula penandatanganan perjanjian hibah dengan kabupaten/kota se DIY.

Untuk Kabupaten Gunungkidul menerima Rp 75.248.655.700, untuk Kabupaten Bantul sebesar Rp 64.200.266.600, untuk Kabupaten Kulonprogo sebesar Rp40. 211.535.714, untuk Kota Yogyakarta sebesar Rp 4.012.500.000 dan untuk Kabupaten Sleman sebesar Rp. 2.785.000.000.

Halaman
123
Penulis: ais
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved