Bisnis

Pentingnya Perencanaan Keuangan Sedini Mungkin untuk Berhaji

Salah satu kendala yang dihadapi masyarakat adalah masalah kesiapan finansial yang belum menjadi prioritas.

Pentingnya Perencanaan Keuangan Sedini Mungkin untuk Berhaji
IST
Direktur Operasional & Syariah PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Herry Hykmanto (kiri) didampingi oleh pakar perencanaan keuangan, Prita Hapsari Ghozie (tengah) memberikan penjelasan seputar perencanaan dini tabungan haji, di Jakarta, kamis (8/11/2018). 

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja, Yosef Leon Pinsker

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Menunaikan ibadah haji merupakan salah satu ibadah wajib bagi masyarakat Indonesia yang harus dilakukan jika seseorang mampu.

Sampai dengan bulan Oktober 2018, tercatat ada sekitar 3,9 juta calon jamaah haji dari Indonesia dengan masa tunggu yang beragam.

Jumlah peserta haji di Indonesia masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan total populasinya yang sekitar 260 juta jiwa, dimana 87% diantaranya adalah muslim.

Salah satu kendala yang dihadapi masyarakat adalah masalah kesiapan finansial yang belum menjadi prioritas.

Baca: Pameran Haji dan Umroh Wisata Halal Expo 2018 Bukukan 80% Target

“Dengan edukasi pentingnya perencanaan tabungan haji sejak dini, masyarakat Indonesia khususnya muslim di Indonesia dapat mulai merencanakan tabungan haji mereka, tanpa mengesampingkan prioritas lainnya dalam kehidupan mereka sehari-hari,” ujar Herry Hykmanto, Direktur Operasional & Syariah PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) lewat keterangan resminya, Jumat (9/11/2018).

Tingkat pemahaman atau literasi keuangan di tengah-tengah masyarakat tentu akan sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya penetrasi jasa layanan keuangan perbankan di Indonesia.

Bank Danamon menyadari hal ini dan terus mendukung upaya pemerintah melalui kegiatan edukasi produk dan layanan perbankan kepada publik.

Sementara itu, pakar perencanaan keuangan Prita Ghozie menjelaskan mengenai pentingnya perencanaan keuangan untuk tabungan haji.

Baca: Bank Danamon Kini Melayani Tabungan Haji

Menurutnya, pergi haji menjadi salah satu tujuan keuangan yang penting bagi umat Muslim.

Oleh sebab itu, perencanaan harus dilakukan dengan baik dan dapat dimulai sejak seseorang memiliki penghasilan.

"Salah satu cara yang terbaik adalah menyisihkan penghasilan secara berkala agar tidak terasa berat. Pilihannya dapat menggunakan produk perbankan seperti Tabungan Haji dan sebagainya," kata dia.(TRIBUNJOGJA.COM)

Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved