Gunungkidul

Pemkab Gunungkidul Terima Dana Hibah

Dana hibah yang diterima oleh Kabupaten Gunungkidul mencapai Rp 75,2 miliar.

Pemkab Gunungkidul Terima Dana Hibah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL - Dana hibah untuk untuk rehabilitasi dan rekonstruksi akibat terdampak badai cempaka november 2017 silam, akan dapat dicairkan pada akhir tahun 2018.

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul Edy Basuki, saat ditemui Tribunjogja.com, Jumat (9/11/2018).

"Kemarin sudah dilakukan penandatanganan Perjanjian Hibah Daerah (PHD) oleh Bupati Gunungkidul," imbuhnya.

Dana hibah yang diterima oleh Kabupaten Gunungkidul mencapai Rp 75,2 miliar.

Dana tersebut akan digunakan untuk rehabilitasi dan rekontruksi rumah, jembatan, dam parit (saluran air), Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Baca: Pemkab Gunungkidul Buka Lelang 5 Jabatan

"Untuk jumlah rumah ada 101, 5 jembatan, 1 dam parit, 1 TPA, satu jalan di Dusun Gupit, Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari," katanya.

Menurutnya pembangunan baru bisa berjalan pada awal tahun karena melalui beberapa proses, seperti pengadaan barang dan jasa, dan juga harus melalui proses lelang.

"Kebanyakan dana untuk membangun infrastruktur, sesuai dengan usulan dan prioritas kita ke BNPB" imbuhnya.

Baca: Warga Gunungkidul yang Jadi Korban Kecelakaan Lion Air Dimakamkan di Playen

Sementara itu Bupati Gunungkidul Badingah mengatakan dirinya telah menandatangani PHD di Jakarta beberpa hari yang lalu.

"Saya hanya menandatangani PHD, selanjutnya mekanisme saya serahkan kepada kepala pelaksana BPBD Kabupaten Gunungkidul," tutupnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Demas Kursiswanto mengatakan dana hibah tersebut harus tepat sasaran dan siap untuk melakukan pengawasan terhadap penggunaannya.

"Karena kejadian badai cempaka sudah satu tahun yang lalu dan dana hibah baru turun sekarang, saya harap penyalurannya tepat sasaran," katanya.(*)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved