Cahaya Oranye di Atas Lapisan Bumi Terlihat dari Stasiun Luar Angkasa

Gambar yang berhasil mereka ambil menunjukkan bagaimana lengkung planet kita terbungkus gelembung cahaya berwarna oranye yang dikenal sebagai airglow

Cahaya Oranye di Atas Lapisan Bumi Terlihat dari Stasiun Luar Angkasa
IST/NASA
Airglow berwarna oranye yang menyelimuti Bumi terlihat dari Stasiun Luar Angkasa Internasional ISS 

TRIBUNJOGJA.COM - Langit di atas Bumi tidak pernah benar-benar gelap. Bahkan, pada malam hari, cahaya lembut memancar dari tepi atmosfernya. Namun, sinar tersebut sangat sulit untuk kita lihat dari Bumi.

Beruntung, para astronaut berhasil menangkap efek spektakuler itu dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Gambar yang berhasil mereka ambil menunjukkan bagaimana lengkung planet kita terbungkus oleh gelembung cahaya berwarna oranye yang dikenal sebagai airglow. Foto itu diambil pada bulan lalu, ketika ISS melewati Australia.

Baca: Ratusan Kerbau Tenggelam dan Mati Massal di Kali Chobe

Airglow muncul ketika nitrogen dan oksigen di atmosfer berinteraksi dengan radiasi ultraviolet dari matahari. Reaksi tersebut membangkitkan atom di atmosfer—menyebabkan mereka saling menghantam dan akhirnya memancarkan cahaya berwarna-warni.

Dari luar angkasa, airglow membuat Bumi seolah-olah diselimuti dengan cahaya berwarna lembut. Terkadang berwarna hijau, atau oranye seperti saat ini.

Sementara itu, jika dilihat dari Bumi, reaksi yang muncul seperti sinar aurora, meskipun secara fundamental berbeda dan dapat dilihat di seluruh dunia. Efeknya akan mengitari langit layaknya pelangi.

Menurut para astronauit, airglow sangat menakjubkan untuk dilihat. Ia pun menarik perhatian para ilmuwan karena lokasinya tepat di perbatasan Bumi dengan luar angkasa.

Apabila dapat menelitinya lebih jauh, ilmuwan mungkin dapat mengetahui bagaimana antariksa bisa terhubung dengan cuaca di planet kita. (Gita Laras/Science Alert/NGI)

Editor: iwanoganapriansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved