Pendidikan

UGM dan Finland University Jalin Kerja Sama Pendidikan

Kedua belah pihak sepakat untuk kerja sama mempromosikan dan mengembangkan hasil kerjasama ini dalam berbagai ruang lingkup kegiatan.

UGM dan Finland University Jalin Kerja Sama Pendidikan
istimewa
UGM dan Finland University Jalin Kerja Sama Pendidikan 

TRIBUNJOGJA.COM - Universitas Gadjah Mada dan Finland University, Finlandia, menjalin perjanjian nota kesepahaman bersama dalam bidang kerja sama pengembanagan akademik dan pengajaran antar kedua institusi.

Penandatanganan perjanjian nota kesapahaman bersama ini ditandangi oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni UGM Dr Paripuna Sugarda dan Executive Vice President Finland Univeraity Pasi Kaskinen, Selasa (6/11/2018), di ruang sidang pimpinan UGM.

Baca: Fisipol UGM Dukung Penyelesaian Kasus Dugaan Pelecehan

Parpurna mengatakan kedua belah pihak sepakat untuk kerja sama mempromosikan dan mengembangkan hasil kerjasama ini dalam berbagai ruang lingkup kegiatan seperti program pertukaran staf pengajar, program transer kredit mahasiswa, pengembangan kapasitas stap dan pengajar serta pelaksaan kegiatan seminar dan konferensi bersama.

“Kerja sama ini diharapkan nantinya memberikan manfaat yang lebih besar bagi UGM,” katanya melalui siaran resmi yang diterima Tribunjogja.com. 

Menurut Paripurna ruang lingkup kerja sama nantinya tidak hanya sebatas pertukaran staf pengajar namun juga memungkinkan dilaksankan peluang untuk kerja sama yang lebih erat seperti pembukaan program dual degree antra perguruan tinggi.

“Kita harapkan makin banyak program semacam ini dengan berbagai universitas di Finlandia,” ujarnya.

Dalam meningkatkan reputasi internasional, kerja sama ini menurut Paripurna diharapkan meningkatkan kapasitas pendidiakn dan pengajaran bagi kedua perguruan tinggi untuk bertukar pengalaman dalam meningkatkan reputasi kampus dalam bersaing di tingkat global.

“Kita harapkan banyak prodi di UGM semakin kompetitif,” katanya.  

Pasi Kaskinen mengatakan banyak peluang kerja sama yang bisa dikembangkan antara UGM dan Universitas Finland terutama dalam hal meningkatkan kualitas pengajaran.

Baca: UGM Pastikan Penyintas Pelecehan Seksual Mendapat Pendampingan Psikologis

Ia menerangkan Universitas Finlandia merupakan gabungan dari berbagai universitas terkemuka di Finlandia seperti Universitas Finlandia Timur, Tampere, Turku, dan Åbo Akademi.

“Bersama-sama dengan universitas itu kita memiliki 78.500 mahasiswa dan 900 profesor,” katanya. (*) 
 

Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved