Yogyakarta

KAI Daop VI Yogyakarta Akan Fungsikan Toilet Portable

Munculnya ide untuk membuat toilet portable tak lain dari banyaknya keluhan pengguna jasa KA yang kesulitan mencari toilet khususnya di area zona tiga

KAI Daop VI Yogyakarta Akan Fungsikan Toilet Portable
istimewa
Wujud toilet portable ramah lingkungan buatan EVP Balai Yasa Yogyakarta. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Demi meningkatkan kepuasan dengan pelayanan bagi penumpang setianya, PT KAI Daop VI Yogyakarta rencananya akan meluncurkan toilet portable ramah lingkungan dalam waktu dekat.

Toilet portable ini rencananya akan ditempatkan di zona tiga stasiun.

Baca: Terkait Kasus Dugaan Kekerasan Seksual, Rektor UGM: Keduanya Dapat Pelajaran

Munculnya ide untuk membuat toilet portable tak lain dari banyaknya keluhan pengguna jasa KA yang kesulitan mencari toilet khususnya di area zona tiga.

Zona tiga sendiri merupakan kawasan luar stasiun.

Tak adanya atau tidak disediakannya toilet pada zona ini karena memang bukan tanpa alasan.

Eko Budiyanto, Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta menuturkan yang menjadi pertimbangan PT KAI belum membangun toilet pada kawasan ini karena kawasan ini masih berpotensi toilet menjadi tidak terawat, kesadaran pengguna toilet dirasa masih kurang, pengguna bukan hanya pengguna jasa KA dan masih ditambah dengan alasan sering dikomersilkan oleh oknum yang tidak berhak, hal tersebut yang mengilhami PT KAI untuk menunda pembangunan toilet di zona tiga atau di luar stasiun.

"Kita sering mendapat komplain akibat tidak adanya toilet di zona tiga, maka munculah ide untuk membuat toilet portable ramah lingkungan yang akan ditempatkan di stasiun," katanya kepada Tribunjogja.com, Kamis (8/11/2018).

Saat ini, toilet portable yang digagas oleh EVP Daop VI sudah mulai dieksekusi oleh EVP Balai Yasa Yogyakarta.

"Toilet ramah lingkungan telah rampung dikerjakan dan segera difungsikan di stasiun," lanjut Eko.

Toilet ramah lingkungan portable, tambah Eko, akan memiliki warna cat hijau, akan memiliki fasilitas 4 bilik tiolet duduk dengan pembagian dua untuk perempuan dan dua untuk pria.

Pada bagian tengah akan dibatasi dengan satu unit wastafel.

Ukuran masing-masing toilet dibuat cukup lebar dengan dimensi 1450×1000×1950 mm.

Baca: Panpel AFF Futsal Championship 2018 Berlakukan Tiket Berbayar untuk Semifinal

Dua Kap TRL berkapasitas 2×200 liter dan 2×250 liter, genset berkekuatan 220/ 50Hz /2,5 Kw juga disematkan pada toilet portable ini.

"Penataan dibuat rapi. Toilet bikinan Balai Yasa Yogyakarta ini terkesan lebih rapi beda dengan roilet portable yang pernah saya temui, apalagi ditambah dengan tangga lipat dari stainless," pungkas Eko. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved