Yogyakarta

Lulusan Universitas Jadi Penyumbang Tingkat Pengangguran Terbuka Terbesar di DIY

Menurut hasil tersebut, dari sebanyak 2.191.742 orang angkatan kerja yang berada di DIY, sejumlah 73.350 orang masih menganggur.

Lulusan Universitas Jadi Penyumbang Tingkat Pengangguran Terbuka Terbesar di DIY
net
ilustrasi 

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja, Yosef Leon Pinsker

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) DIY melalui Badan Pusat Statistik (BPS) DIY mengumumkan keadaan ketenagakerjaan provinsi setempat pada periode Agustus tahun ini.

Menurut hasil tersebut, dari sebanyak 2.191.742 orang angkatan kerja yang berada di DIY, sejumlah 73.350 orang masih menganggur.

Menurut laporan Sakernas, jika ditilik dari Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) menurut tingkat pendidikan, lulusan Universitas menjadi penyumbang terbesar dengan persentase senilai 8,28 persen dan kemudian diikuti oleh Diploma dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masing-masing sebanyak 4,91 persen.

Kepala BPS DIY, Johanes De Britto Priyono menyatakan, hasil tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar pengangguran di DIY merupakan pengangguran terdidik dengan ijazah minimal SMA/SMK keatas.

Baca: Lima Provinsi Ini Memiliki Tingkat Pengangguran Tertinggi di Indonesia

Namun demikian, dia menilai bahwa besarnya sumbangan lulusan SMA/SMK keatas itu disebabkan karena pelaksanaan survei yang bertepatan dengan kelulusan para murid SMA/SMK serta para lulusan universitas.

"Mereka (siswa SMK/SMA) kan lulusnya pada bulan Juni atau Juli, sementara survei diadakan di bulan Agustus, tentu ini berpengaruh pada hasil yang besar tadi," kata dia, Senin (5/11/2018) di kantor BPS DIY.

Sementara untuk lulusan universitas, dia menganggap, rentang waktu sebelum Agustus atau pelaksanaan survei juga merupakan musimnya periode wisuda.

Kata dia pula, kebanyakan dari lulusan tersebut tentu tengah berusaha untuk mencari pekerjaan atau pun ada yang telah bekerja namun masih terhitung menganggur.

"Makanya angkanya jadi besar," imbuh dia.

Halaman
12
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved