Yogyakarta

Ratusan Anak Ikuti Lomba Ajang Kreativitas Seni dan Olahraga RA se-DIY 2018

Beberapa perlombaan yang dilangsungkan yakni berupa, lomba DAI kecil, lomba tafiq, senam anak sholeh, tari islami, dan lain sebagainya.

Ratusan Anak Ikuti Lomba Ajang Kreativitas Seni dan Olahraga RA se-DIY 2018
TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri
PENTAS KREATIVITAS SISWA RA. Sejumlah siswa melakukan flashmob saat mengikuti acara Ajang Kreativitas Seni dan Olahraga Siswa Raudhatul Athfal (Aksera) di komplek Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Selasa (6/11/2018). Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama DIY dan diikuti oleh RA dari wialayah Kota-Kabupaten di DIY yang menampilkan sejumlah perlombaan. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Anak-anak sebagai generasi penerus mesti lah memiliki pondasi kreativitas, imajinasi, dan motivasi yang kuat demi pembangunan karakter masa depan bangsa.

Semangat ratusan anak-anak tampak tak biasa dalam penyelenggaraan lomba Ajang Kreativitas Seni dan Olahraga RA (AKSERA) se-DIY, yang dilaksanakan oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) RI bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kemenag DIY.

Kegiatan yang mengambil tempat di Gedung Serbaguna UIN Sunan Kalijaga, Selasa (6/11/2018) pagi itu, berjejal dengan para murid Raudhlatul Athfal (RA) atau yang setara dengan Taman Kanan-Kanak (TK).

Baca: Ratusan Murid Raudlatul Athfal Minitrip Temui Wawalikota Yogya

Didampingi bersama orangtua dan para guru, mereka berdandan dengan mengenakan aneka kostum bak orang dewasa.

Sebagian besar anak juga ada yang tampak berbalut pakaian adat Jawa, murid lelaki dengan tampilan blangkon, sedangkan yang siswi tampil cantik dengan berpakaian kebaya.

Sebagian pula ada yang masih tampak rikuh dan kejut, hadir di ruangan besar dengan kerumunan penonton lain, namun tak sedikit dari mereka yang masuk dengan muka berseri dan percaya diri tinggi.

Satu hal yang mungkin pasti diantara anak-anak itu adalah semangat untuk berlomba, mempertunjukan diri dan kemampuan lewat AKSERA se-DIY 2018.

Saat master of ceremony (MC) meneriakkan yel-yel sapaan "mana semangatmu" dengan kompak dan serius mereka menjawab "ini semangatku" pekik siswa-siswi itu.

Baca: Mendarat di Yogyakarta, Anak Mariah Carey Sibuk Cari Kodok

Dalam pembacaan laporan kegiatan oleh Direktur Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Kemenag RI, melalui Kasubdit Kesiswaan, Nanik Pujihastuti menuturkan, lewat penyelenggaraan AKSERA ini pihaknya berharap bisa menggali potensi dan menumbuhkembangkan kreativitas anak lewat berbagai lomba yang diadakan.

Sebab itu, sambung dia, RA sebagai pendidikan pondasi bagi anak untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang selanjutnya, mestilah mampu memberikan pendidikan karakter yang kuat demi menghadapi tantangan zaman kedepan.

Halaman
12
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved