Jack Ma Sebut Perang Dagang adalah Pilihan Paling Bodoh di Dunia

Jack Ma menyampaikan kepada Oganisasi Perdagangan Dunia (WTO) bahwa lembaga yang bermarkas di Geneva ini terancam oleh upaya Donald Trump

Jack Ma Sebut Perang Dagang adalah Pilihan Paling Bodoh di Dunia
IST/AP
Donald Trump dan Jack Ma 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemilik Alibaba, Jack Ma, menyebut persaingan dagang merupakan hal yang tak masuk akal dan membuat konflik AS dan China makin memanas.

Pria terkaya di China itu menganggap tak ada gunanya menargetkan barang-barang karena Asia nantinya akan menjadi pembeli terbesar produk asing, termasuk di sektor jasa.

"Perang dagang merupakan hal terbodoh di dunia," ujar Ma dalam sebuah forum di Shanghai sebagaimana dikutip dari Bloomberg, Selasa (6/11/2018).

Pernyataan tersebut keluar menjelang Alibaba mempersiapkan acara belanja tahunan terbesar yakni Singles Day 11.11 pada 11 November 2018 mendatang, yang banyak melibatkan komponen perdagangan luar negeri.

Sementara Alibaba sendiri mendapatkan sebagian besar pendapatannya dari perdagangan domestik, Ma dan kawan-kawannya telah memperjuangkan China sebagai tujuan untuk produk buatan luar negeri seperti Amerika atau sebaliknya.

Alibaba memiliki beberapa perusahaan yang memfasilitasi penjualan produk-produk global untuk pasar dalam negeri China.

Tmall Global milik Alibaba, misalnya, menjual produk-produk dari merk ternama dari Amerika Serikat seperti Nike dan Urban Outfitters.

"Ini tantangan terbesar untuk China, tapi juga kesempatan terbesar bagi dunia," kata Ma.

Ma yang berencana pensiun tahun depan juga meyatakan, komunitas bisnis global menentang perang dagang tersebut.

Trump jadi Ancaman

Halaman
12
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved