Pendidikan

UGM Kembali Kirimkan Relawan ke Palu

UGM kembali memberangkatkan 17 relawan untuk membantu korban bencana di Palu, Donggala dan Sigi.

UGM Kembali Kirimkan Relawan ke Palu
istimewa
Pelepasan 17 Relawan UGM ke Palu, Donggala, Sigi pada Senin (5/11/2018) 

TRIBUNJOGJA.COM - Universitas Gadjah Mada (UGM) melalui Direktorat Pengabdian Masyarakat UGM bekerjasama dengan Kagama (Keluarga Alumni Gadjah Mada) kembali memberangkatkan 17 relawan untuk membantu korban bencana di Palu, Donggala dan Sigi pada Senin (5/11/2018).

Baca: Aksi Musisi Magelang Galang Dana untuk Korban Gempa Palu, Walikota Magelang Ikut Nyanyi

Dari informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, ketujuh belas relawan tersebut terdiri dari 1 orang mahasiswa ilmu budaya, tiga mahasiswa kebidanan, sepuluh mahasiswa psikologi serta tiga staf, yang akan berada di lokasi bencana dari tanggal 5-14 November 2018.

Agus Ramli dari perwakilan Kagama mengatakan jika nantinya para relawan memiliki dua program utama yakni pendidikan dan kesehatan, yang mana hal tersebut mencakup pendampingan guru di sekolah emergency, trauma healing, pendampingan posyandu, puskesmas, penyediaan sarana MCK, membantu distribusi logistik, dan yang lainnya.

"Untuk pendidikan kita memang fokus melakukan pendampingan ke guru, kita murni mendampingi, karena sesuai dengan fungsi kita, yang mana tidak akan menggantikan posisi guru yang ada disana. Kita ingin membantu agar sekolah bisa jalan lagi, karena memang kita tidak selamanya disana," terangnya.

Untuk kesehatan, dia mengatakan akan fokus pemeriksan ibu dan anak, yang mana Agus melihat bahwa saat ini merupakan awal musim hujan, yang mana hal tersebut renta dengan diare.

"Kita juga ingin mendorong agar Puskemas dan Posyandu tetap aktif. Untuk pemeriksaan kita lebih konsen ke ibu dan anak, yang mana ini kan sudah memasuki fase dimana rentan terjadi diare, ditambah lagi dengan adanya awal musim hujan," ungkapnya.

Prof Ir Irfan Dwidya Prijambada Direktur Pengabdian kepada Masyarakat UGM mengatakan saat ini merupakan fase rehabilitasi di Palu, Donggala dan Sigi.

Dia mengatakan, relawan yang diberangkatkan ini merupakan relawan periode ketiga.

Baca: Ke Palu dan Donggala, KPAI Lakukan Pengawasan Sekolah Darurat

Sebelumnya UGM telah mengirimkan 2 periode relawan yang ditempatkan di posko yang sama.

"Kita harapkan relawan di periode ketiga yang kita berangkatkan bisa membantu rehabilitasi di daerah bencana. Ketika bencana datang bertubi-tubi, sejak 3 tahun lalu, kita selalu mengirimkan relawan. Sesuai dengan tugas kita. Nanti di bulan Desember rencananya juga akan dikirim mahasiswa KKN ke Palu, Donggala dan Sigi," jelasnya. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved