Jawa

Pemkab Magelang Segera Susun Regulasi Penggunaan Batik Lokal

Hal ini dilakukan sebagai upaya mempromosikan batik lokal buah karya dari para perajin batik di Kabupaten Magelang.

Pemkab Magelang Segera Susun Regulasi Penggunaan Batik Lokal
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri K
Pembatik menggoreskan lilin dengan canting di atas kain di salah satu tempat produksi batik lokal di Watucongol, Gunungpring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Senin (5/11/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Kabupaten Magelang mewacanakan penggunaan batik lokal sebagai pakaian dinas yang dikenakan untuk segenap pegawai di lingkungan pemerintahan, sekolah-sekolah, hingga lingkup perusahaan di Kabupaten Magelang.

Hal ini dilakukan sebagai upaya mempromosikan batik lokal buah karya dari para perajin batik di Kabupaten Magelang.

Hal tersebut dikatakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Endra Endah Wacana, Senin (5/11/2018) di sela kunjungan ke UMKM batik di salah satu produksi batik lokal di Watucongol, Gunungpring, Kecamatan Muntilan.

Baca: Pelaku Usaha Batik Minta Pemkab Magelang Gencarkan Penggunaan Batik Lokal

"Ini ajang untuk dapat mempromosikan batik lokal di Magelang agar lebih dikenal masyarakat, sehingga dapat menggerakkan ekonomi kreatif masyarakat" ujarnya.

Endra mengatakan, pihaknya akan segera mengumpulkan Kepala OPD yang ada di lingkup pemerintahan Kabupaten Magelang untuk membicarakan terkait wacana penggunaan batik lokal sebagai pakaian dinas.

Dalam agenda pertemuan tersebut akan dibahas terkait kualitas, motif batik yang diinginkan.

Selain itu, dari hasil pertemuan ke depan ini, pihaknya berharap dapat menerbitkan regulasi baik berupa imbauan, surat edaran yang akan mewajibkan penggunaan batik lokal sebagai pakaian dinas.

"Dalam waktu dekat nanti kami akan mengundang kepala OPD, karena ini penting sekali. Kami akan bahas soal kualitasnya, motif yang diingknkan kepala OPD, karyawan dan masyarakat, Setelah itu nanti diadakan regulasi entah berupa himbauan ataupun surat edaran. Kami juga akan mengundang rekan-rekan perajin batik lokal untuk berkolaborasi," ujarnya.

Baca: Papan Iklan Rokok di Stasiun Tugu Berganti Kain Batik

Endra mengatakan, sebelumnya Pemkab Magelang telah memberikan imbauan kepada pegawai untuk menggunakan produk lokal di tahun 2013 lalu.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved