Pendidikan

SMP N 2 Pakem Resmi Jadi Sekolah Berbasis Wisata dan Ramah Anak

SMPN 2 Pakem mengusung tema berbagai wisata yang terdapat di DIY, seperti kebun yang ditata menyerupai wisata Goa Pindul, Gunung Merapi.

SMP N 2 Pakem Resmi Jadi Sekolah Berbasis Wisata dan Ramah Anak
istimewa
Bupati Sleman menandatangani prasasti dalam peresmian SMP N 2 Pakem menjadi sekolah berbasis wisata dan ramah anak 

TRIBUNJOGJA.COM - Bupati Sleman, Sri Purnomo resmikan SMP N 2 Pakem sebagai sekolah berbasis wisata dan Sekolah Ramah Anak Sabtu (3/11/2018).

Peresmian ini merupakan upaya SMPN 2 Pakem dalam menyediakan lingkungan pendidikan kepada siswa yang tidak hanya memperhatikan akademik tetapi juga non-akademik.

Baca: SMAN 1 Pakem Rencanakan Kawasan Berbasis Akademik dan Budaya

Kepala SMPN 2 Pakem, Triworo Setyaningsih menyampaikan wisata yang digalakkan dalam sekolah berbasis wisata di SMPN 2 Pakem ini merupakan wisata edukasi dan konsep yang dipakai adalah keterampilan maupun kesenian siswa.

Dari informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, dalam wisata edukasi ini SMPN 2 Pakem mengusung tema berbagai wisata yang terdapat di DIY, seperti kebun yang ditata menyerupai wisata Goa Pindul, Gunung Merapi, dan wisata lainnya.

"Selain untuk edukasi siswa, sekolah ini juga terbuka untuk umum, untuk mereka yang ingin merasakan lingkungan di sini. Tidak jarang juga yang memang sengaja untuk berkunjung. Dan para siswa di sini kami biasakan untuk bersosialisasi tidak hanya dengan lingkungan di dalam sekolah, tetapi juga dengan para tamu yang datang," tuturnya.

Kegiatan ini menurutnya juga dapat memberikan pendidikan sosial secara tidak langsung bagi para siswa dan mampu membangun karakter yang baik untuk seluruh siswa yang berada di SMPN 2 Pakem.

"Selain itu juga kami berupaya memenuhi hak anak-anak di lingkungan pendidikan melalui sekolah ramah anak," jelasnya.

Sementara itu Bupati Sleman Sri Purnomo menyampaikan apresiasinya terhadap upaya sekolah dan berbagai pihak dalam mewujudkan sekolah berbasis wisata dan ramah anak ini.

Ia menjelaskan bahwa Pakem merupakan satu dari beberapa wilayah dengan destinasi wisata yang potensial.

Maka dari itu, perlu ada keberanian bagi sekolah yang berada di wilayah tersebut untuk mewujudkan dan mendukung sektor wisata dengan mengusung sekolah berbasis wisata.

Baca: Wali Murid SMP N 4 Pakem Protes Batasan Zonasi

Dalam kesempatan itu, Bupati menilai ciri khas dari sekolah yang baik yaitu memiliki komunikasi yang baik antara guru, siswa dan orangtua serta mampu bekerjasama dalam membangunan pendidikan maupun lingkungan pendidikan yang berkualitas.

“Dari tiga komponen tersebut ada kesatuan untuk mendidik dan bersama membangun ke arah yang lebih baik," tuturnya.(*)

Penulis: nto
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved