Jawa

Pengelolaan Perpustakaan di Kota Magelang Jadi Lebih Mudah Melalui Aplikasi Baru

Perpustakaan di Kota Magelang secara serentak akan menerapkan aplikasi resmi dari perpustakaan nasional, Inlislite Versi 3.

Pengelolaan Perpustakaan di Kota Magelang Jadi Lebih Mudah Melalui Aplikasi Baru
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Para peserta mengikuti kegiatan Orientasi Perpustakaan Tahun 2018 di Aula Gedung Perpustakaan Kota Magelang, Selasa (30/10/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Perpustakaan di Kota Magelang secara serentak akan menerapkan aplikasi resmi dari perpustakaan nasional, Inlislite Versi 3.

Aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah pihak pengelola mengelola perpustakaannya.

Baca: BPBD Kabupaten Magelang : Tanah Longsor dan Angin Kencang Mengintai di Musim Hujan

"Ada lebih dari 100 perpustakaan di Kota Magelang. Untuk menyeragamkan pengelolaan tersebut, kami menawarkan penggunaan aplikasi resmi dari perpustakaan nasional bernama Aplikasi Inlislite Versi 3," jelas Plt Kepala Disperpusip Kota Magelang, Triyamto Sutrisno pada Tribunjogja.com, di sela kegiatan orientasi perpustakaan tahun 2018 di Aula Gedung Perpustakaan Kota Magelang, Selasa (30/10/2018).

Triyamto mengatakan, aplikasi ini digunakan untuk pengelolaan perpustakaan, mulai dari pengelolaan buku sampai dengan peminjaman buku, keanggotaan, dan lain-lain.

"Aplikasi ini sifatnya gratis dan bisa dipergunakan oleh perpustakaan di kabupaten/kota di Indonesia. Melalui kegiatan orientasi hari ini, kami memperkenalkan otomasi dan jaringan perpustakaan menggunakan aplikasi Inlislite Versi 3 tersebut," terang Triyamto.

Adapun para peserta yang mengikuti kegiatan orientasi ini terdiri dari pengelola perpustakaan di kelurahan, sekolah (SD/MI, SMP/MTs), perguruan tinggi, Organisasi Perangkat Daerah, perwakilan Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan lainnya.

Dia menyebutkan, kegiatan orientasi akan berlangsung selama tiga hari, mulai Selasa-Kamis (30 Oktober-1 November 2018) di Aula Gedung Perpustakaan Kota Magelang.

"Dengan mengikuti orientasi ini, diharapkan para peserta nanti bisa mengelola perpustakannya dengan baik. Para peserta juga bisa mempergunakan aplikasi Inlislite Versi 3 ini atau bisa juga membuat aplikasi sendiri," kata Triyamto.

Baca: Diskusi Digital Marketing Bagi Pemustaka di Perpustakaan Umum Kota Magelang

Sementara itu, seorang staf perpustakaan Universitas Negeri Tidar (Untidar), Oktyas Alvi Sahara, mengaku antusias mengikuti kegiatan orientasi tersebut.

Melalui aplikasi ini diharapkannya dapat membantu tugasnya mengelola perpustakaan.

"Kebetulan selama ini saya juga bertugas di bagian pengelolaan perpustakaan. Jadi kami harapkan dapat membantu tugas kami, sehingga pelayanan akan lebih baik," ujarnya. (*)

Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved