Berita PSIM Yogyakarta

Jalankan Sepakbola Modern, Ivan Febrianto Sempat Kesulitan Perankan Skema Build Up dari Bawah

Jalankan Sepakbola Modern, Ivan Febrianto Sempat Kesulitan Perankan Skema Build Up dari Bawah

Jalankan Sepakbola Modern, Ivan Febrianto Sempat Kesulitan Perankan Skema Build Up dari Bawah
TRIBUNJOGJA.COM / Hanif Suryo
Penjaga gawang PSS Sleman, Ega Rizky dan penjaga gawang PSIM Yogyakarta, Ivan Febrianto bertukar jersey usai laga. 

TRIBUNJOGJA.COM - Dalam beberapa musim terakhir, gaya bermain PSIM Yogyakarta menjadi perbincangan tersendiri di kalangan pecinta sepakbola tanah air.

Bak anomali, Laskar Mataram berani keluar dari pakem dan menerapkan skema permainan yang lebih modern.

Berbeda dengan kebanyakan klub tanah air, yang masih mengandalkan long pass langsung ke jantung pertahanan lawan, PSIM lebih memilih bermain sabar, dengan build up serangan dari bawah. Kendalanya, karakter harus ditekankan pada setiap pemain.

Praktis, kiper utama PSIM di sepanjang fase grup Liga 2 2018 lalu, Ivan Febrianto, mengaku kalau dirinya sempat kesulitan kala dituntut menerapkan gaya bermain seperti itu, baik di masa kepelatihan Erwan Hendarwanto, maupun Bona Simanjuntak. 

Baca: Link Live Streaming Sriwijaya FC vs Perseru Serui Liga 1 2018 - Live Streaming via Vidio.com

"Awal mula di PSIM memang sedikit terkendala dengan skema build up seperti ini. Tapi, di sepakbola modern, ternyata kiper memang dituntut bisa ikut terlibat build up dari bawah. Jadi, mau tidak mau, saya pun harus bisa menerapkannya," katanya.

Talenta yang bergabung dengan PSIM sejak kompetisi Liga 2 2017 silam tersebut menuturkan, sebagai pemain, ia harus bisa cepat beradaptasi, dengan skema yang diinginkan oleh pelatih. Padahal, gaya bermain semacam ini, tergolong asing untuknya.

"Sebelumnya belum pernah, ya baru di PSIM ini kiper dituntut aktif ikut build up. Tapi, untungnya, pelatih tidak segan-segan memberikan masukan untuk seluruh kiper. Alhamdulillah, meski masih ada kekurangan, saya bisa menjalankannya," tuturnya. (tribunjogja)

Penulis: aka
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved