Kota Yogyakarta

Warga Kota Yogya Segera Bisa Cetak Akta Lahir secara Mandiri

Warga Kota Yogyakarta semakin dimudahkan untuk dapat mengurus surat-surat kependudukan.

Warga Kota Yogya Segera Bisa Cetak Akta Lahir secara Mandiri
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Warga Kota Yogyakarta semakin dimudahkan untuk dapat mengurus surat-surat kependudukan.

Mulai dari layanan 3in1 di 14 kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta untuk surat-surat bayi baru lahir yang meliputi Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, dan Kartu Identitas Anak, hingga yang terbaru warga segera bisa mencetak akta kelahiran di rumah masing-masing.

Baca: Dinkes Kota Yogya Waspadai Leptospirosis

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta, Sisruwadi menjelaskan bahwa aplikasi dan user password sudah ada ditangannya.

Langkah selanjutnya hanyalah menunggu izin dari pemerintah pusat agar pihaknya bisa melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencetak akta kelahiran secara mandiri.

"Kami belum tahu kapan. Statusnya menunggu. Harapannya segera, karena password dan username sudah ada. Kalau sana bilang 'ya' baru kami lakukan," ucapnya pada Tribunjogja.com, Sabtu (27/10/2018).

Ia menjelaskan, nantinya warga Kota Yogyakarta yang melahirkan di luar rumah sakit yang telah bekerjasama dengan Disdukcapil terkait pelayanan 3in1, bisa melengkapi berkas persyaratan secara online.

"Kalau persyaratannya sudah lengkap, mereka bisa mencetak akta sendiri melalui printer di rumah dengan kertas putih 100mg. Mereka kami beri izin hak cetak 1 kali. Kalau ternyata printnya gangguan, mereka harus mengajukan izin lagi," bebernya.

Akta yang telah dicetak secara mandiri oleh warga, dijelaskan Sisruwadi telah diakui dan memiliki kekuatan hukum karena juga dilengkapi dengan barcode.

"Tapi kalau kurang mantep, bisa dibawa ke Dinas (Disdukcapil) untuk dicetak dengan kertas yang soft," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved