Yogyakarta

KPU DIY Sebut Beberapa Potensi Gangguan yang Kerap Muncul Jelang Pemilu

Potensi gangguan tersebut bisa muncul pada semua tahapan, seperti mulai dari persiapan pembuatan TPS hingga data hari pemungutan suara.

KPU DIY Sebut Beberapa Potensi Gangguan yang Kerap Muncul Jelang Pemilu
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawetri
Ketua Divisi Teknis KPU DIY, Moh Zaenuri Ikhsan 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Jelang Pemilu 2019, Ketua Divisi Teknis KPU DIY, Moh Zaenuri Ikhsan mengatakan, ada beberapa potensi gangguan yang kerap muncul dan harus diantisipasi bersama.

Menurut Ikhsan, potensi gangguan tersebut bisa muncul pada semua tahapan, seperti mulai dari persiapan pembuatan TPS hingga data hari pemungutan suara.

Baca: KPU DIY Sosialisasikan Pemilu pada Pemilih Pemula Melalui Cerdas Cermat Pemilu Milenial

"Kan ada proses logistik yang lain di TPS kecamatan. Titik-titik rawan yang harus diantisipasi," kata Ikhsan pada Tribunjogja.com, Jumat (26/10/2018).

Ikhsan melanjutkan, terkait peta kerawanan, pihaknya secara teknis belum melakukan pemetaan.

"Karena TPS sendiri belum diberi alamat di mana. TPS sudah ada cuman kita minta memetakan alamat tpsnya supaya dibuat grafik," lanjut dia.

Namun pihaknya juga sudah mengkoordinasikan dengan pemerintah kabupaten maupun pemerintah kota pasca penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Baca: KPU DIY Berikan Sosialiasi GMHP kepada Mahasiswa

Menurutnya, koordinasi dengan pemerintah terkait tersebut masih perlu diintensifkan lagi.

Ikhsan menambahkan, langkah terdekat yang akan dilakukan oleh KPU DIY yakni akan mengundang KPU kabupaten dan KPU kota untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah.

"Untuk memastikan kebutuhan Linmas termasuk personil apakah harus dengan seragam atau tidak. Masing-masing pemkab pemkot akan meneruskan ke wilayah," ujarnya. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved