Kota Magelang

Pemkot dan Dekranasda Kota Magelang Ajak Anak-anak Membatik Bersama di Hari Batik Nasional

Pemkot dan Dekranasda Kota Magelang Ajak Anak-anak Membatik Bersama di Hari Batik Nasional

Pemkot dan Dekranasda Kota Magelang Ajak Anak-anak Membatik Bersama di Hari Batik Nasional
Istimewa
Ketua Dekranasda Kota Magelang, Yetty Biakti Sigit Widyonindito, memberikan sambutan dan menerima kenang-kenangan dari paguyuban batik Kota Magelang. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM - Paguyuban Batik Kota Magelang bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka peringatan Hari Batik Nasional.

Kegiatan yang bertajuk Mekar Moncer Batik Kota Magelang itu berlangsung di Gedung Wanita, Minggu (21/10/2018).

Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan, mulai dari mewarnai motif batik oleh anak-anak, peragaan busana dan pameran batik.

"Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan hari ini, di antaranya mewarnai motif batik oleh anak-anak Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) sebanyak 85 orang," jelas Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Magelang, Sri Rejeki Tentamiarsih, usai kegiatan, Minggu (21/10/2018).

Baca: Syahdunya Menikmati Konser Musik di Ketinggian 1.200 Mdpl di Ketep Summit Festival

Sri mengatakan, anak-anak sengaja diajak untuk turut serta dalam kegiatan hari batik nasional ini. Tujuannya untuk mengajarkan mereka sedari dini bagaimana melestarikan batik sehingga dapat terus lestari.

"Ini upaya kita untuk mengajarkan mereka tentang kekayaan budaya kita yakni batik, dengan begitu mereka dapat paham dan berupaya melestarikannya," katanya.

Selain itu, lanjut Sri, juga dilaksanakan kegiatan mendengarkan dongeng anak dan peragaan busana dengan menampilkan batik Kota Magelang.

"Peragaan busana ini diikuti oleh perajin dan perancang dari Kota Magelang. Sedangkan modelnya dari duta wisata Kota Magelang," terangnya.

Dia mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan dalam peringatan Hari Batik Nasional ini dilaksanakan secara mandiri oleh Paguyuban Batik Kota Magelang. (tribunjogja)

Penulis: rfk
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved