Kamikatsu, Kota Tanpa Sampah yang Patut Ditiru Kota-Kota di Indonesia

Kota Kamikatsu mengumumkan bahwa pada tahun 2020 akan berhenti menghasilkan limbah sama sekali, sebagai tujuan zero waste-nya.

Kamikatsu, Kota Tanpa Sampah yang Patut Ditiru Kota-Kota di Indonesia
IST
Sesorang wanita melepas label memilah sampah di Kota Kamikatsu, Prefektur Tokushima, Jepang. Kota ini menargetkan pada 2020 sama sekali tak memproduksi sampah 

TRIBUNJOGJA.COM - Sebanyak 16 truk sampah milik Pemprov DKI Jakarta yang akan menuju TPST Bantar Gebang sempat ditahan oleh Dinas Perhubungan Kota Bekasi.

Selain itu, 51 truk sampah juga sempat ditahan saat akan kembali ke Jakarta hingga keluarga para sopir truk tersebut merasa cemas karena tak kunjung kembali.

Usut punya usut, ternyata polemik tersebut terjadi karena dana hibab sebesar Rp2,09 triliun yang diajukan oleh Pemkot Bekasi kepada Pemprov DKI Jakarta tak kunjung cair.

Wali Kota Bekasi menuntut dana sampah tersebut segera diselesaikan meski menurutnya jumlahnya tidak sebanding dengan kerugian warga Kota Bekasi yang menjadi 'tempat sampah' warga Jakarta.

Ya, Jakarta memang memiliki masalah pelik dengan pengelolaan sampah yang setiap harinya mencapai 7.000 ton tersebut.

Belajar ke Kamikatsu

Dalam kondisi seperti itu, rasa-rasanya melihat kondisi sebuah kota kecil di Jepang barat ini telah menimbulkan keirian yang amat menyesakkan dada.

Kota Kamikatsu ini memang penduduknya sangat jauh dibandingkan dengan jumlah penduduk di Jakarta. Hanya 200.000 orang, sedangkan Jakarta hampir 10 juta orang.

Kamikatsu dikenal setelah upayanya menjadi kota bebas sampah disebarluaskan melalui YouTube.

Halaman
123
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved