Gunungkidul

Jika Hujan Tak Turun Hingga November, BPBD Gunungkidul Dapat Naikkan Status ke Tanggap Darurat

Jika hujan tidak turun hingga awal November Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul dapat menaikkan status ke tanggap darurat

Jika Hujan Tak Turun Hingga November, BPBD Gunungkidul Dapat Naikkan Status ke Tanggap Darurat
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL - Jika hujan tidak turun hingga awal November Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul dapat menaikkan status ke tanggap darurat.

Pernyataan tersebut dikemukakan oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul, Jumat (19/10/2018).

"Jika awal November tidak ada juga kunjung hujan status tersebut bisa dinaikkan ke status tanggap darurat, tentu saja kami akan koordinasi terlebih dahulu dengan kecamatan-kecamatan yang terdampak kekeringan," ujarnya.

Baca: Dana Tak Terduga Kekeringan Masuk Pembahasan APBD Perubahan

Koordinasi yang dilakukan dengan kecamatan berupa pendataan bagaimana keadaan kekeringan di tempat masing-masing, lalu jumlah dana yang dimiliki oleh kecamatan-kecamatan.

"Setiap kecamatan punya anggaran dana untuk dropping air begitu pula BPBD, jika BPBD dan kecamatan telah kehabisan dana untuk dropping serta hujan tak kunjung datang bisa saja dinaikkan statusnya ke tanggap darurat," paparnya.

Untuk dropping dari BPBD sendiri, dana untuk dropping air hanya bertahan hingga pertengahan bulan November.

"Kalau di kecamatan macam-macam ada yang dananya habis akhir Oktober, ada juga yang habis pada awal atau pertengahan November," paparnya.

Edy mengatakan jika status menjadi tanggap darurat kekeringan maka dana tidak terduga di Pemerintah Kabupaten dapat dialihkan untuk dropping air.

Hingga pertengahan bulan Oktober ini kekeringan di Gunungkidul saat ini semakin meluas, total hingga pertengahan Oktober ada 15 kecamatan yang terdampak kekeringan dengan jumlah jiwa 122.100.

Halaman
12
Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved