Wakil Menteri ESDM : Kita Perlu Investasi di Sektor Migas dari Luar

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar : Kita Perlu Investasi di Sektor Migas dari Luar

Wakil Menteri ESDM :  Kita Perlu Investasi di Sektor Migas dari Luar
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar saat memberikan pernyataannya kepada rekan media dalam acara Security Summit 2018 di Hotel Tentrem 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar menyampaikan, tantangan terbesar dalam industri keamanan yakni dari sisi investasi.

Dijelaskan Arcandra, di sektor hulu minyak dan gas (migas), perusahaan-perusahaan kelas dunia akan berinvestasi di negara-negara yang dianggap aman.

"Kalau kita dari keamanan tidak bisa jamin, mereka akan mencari negara yang lebih aman," kata Arcandra usai menghadiri acara Security Summit 2018, Rabu (17/10/2018).

Ia menjelaskan, apabila perusahaan-perusahaan dunia yang bergerak di sektor hulu migas tidak berminat untuk berinvestasi, maka akan menjadi sebuah kerugian bagi Indonesia.

"Karena investasi di hulu migas nilainya sangat besar dan kita memerlukan investasi dari luar, itu tantangan terbesarnya," lanjut dia.

Ditambahkannya, sedangkan untuk target nilai investasi di sektor hulu migas sendiri Kementerian ESDM mencatat kontribusi dari blok terminasi dan blok baru, pemerintah sudah mendapatkan signature bonus sekitar Rp 8-9 triliun.

Baca: Hadapi Tantangan Keamanan Industri Migas, ASIM Gelar Security Summit 2018

"Kita mendapatkan Komitmen Kerja Pasti (KKP) lima tahun setelah blok itu berpindah tangan atau dengan existing kontraktor sebesar Rp 23-24 triliun," ucapnya.

Investasi tersebut diharapkan olehnya supaya long term plan untuk mendapatkan atau discovery blok-blok baru bisa terlaksana.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwasanya persepsi investor terhadap Indonesia tergolong baik dengan adanya status Invesment Grade Country.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved