Yogyakarta

Sebanyak 32 APK Diserahkan KPU DIY pada Peserta Pemilu 2019

KPU DIY menyerahkan 32 Alat Peraga Kampanye (APK) yang berbentuk baliho kepada peserta Pemilu 2019.

Sebanyak 32 APK Diserahkan KPU DIY pada Peserta Pemilu 2019
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Petugas melakukan pengecekan Alat Peraga Kampanye (APK) yang merupakan fasilitas dari KPU DIY kepada peserta Pemilu 2019, Selasa (16/10/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - KPU DIY menyerahkan 32 Alat Peraga Kampanye (APK) yang berbentuk baliho kepada peserta Pemilu 2019, di halaman Kantor KPU DIY, Selasa (16/10/2018).

Komisioner Divisi SDM dan Pastisipasi Masyarakat KPU DIY, Ahmad Shidqi menjelaskan bahwa KPU DIY memberikan fasilitasi baliho.

Baca: KPU DIY Perbolehkan Peserta Pemilu Tambah Baliho di Luar Fasilitas APK yang Disediakan

Terkait jumlah, masing-masing 16 untuk Capres, 11 untuk Parpol, dan 5 untuk DPD.

"Ini fasilitasi dari kami bentuknya baliho ukuran 4x7 meter dan 2x3 meter. Kami hanya memfasilitasi dengan mencetak baliho saja. Pemasangan dan perawatan sepenuhnya menjadi tanggung jawab peserta," jelasnya pada Tribunjogja.com.

Ahmad menjelaskan pihaknya memberika fasilitasi dengan ukuran tersebut karena menyesuaikan dengan regulasi yang ada di wilayah.

"Ukuran 2x3 meter ini memang sengaja kami produksi karena di kota Yogyakarta ada Peraturan Walikota yang membatasi segala jenis baliho dan alat peraga reklame paling besar itu ukuran 2x3 meter, sehingga yang ukuran 2x3 meter ini asumsinya akan dipasang di daerah kota Yogyakarta," bebernya.

Terkait titik lokasi pemasangan APK, sebutkan Ahmad sudah ditetapkan dalam SK KPU dan masing-masing KPU kabupaten/kota sudah menetapkan lokasi yang boleh dan tidak boleh untuk APK.

Termasuk di SK tersebut juga mengatur tentang tata cara pemasangan misalkan baliho dan spanduk.

"Spanduk itu kan nggak boleh dipasang dengan cara melintang di jalan, tidak boleh dipasang di pohon, tiang listrik, begitu juga dengan baliho. Ini harus memakai konstruksi sendiri, dan konstruksi itu harus menjamin keselamatan dan keamanan masyarakat," tambahnya.

Halaman
123
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved