Kriminalitas

Polda DIY Ciduk 4 Pengguna Tembakau Gorila

Tembakau gorila yang mengandung zat AB-CHMINACA sudah masuk dalam tabel narkotika golongan 1 dalam Permenkes Nomor 2 Tahun 2017.

Polda DIY Ciduk 4 Pengguna Tembakau Gorila
Tribun Jogja/ Suluh Pamungkas
Ilustrasi Kriminalitas 

TRIBUNJOGJA.COM - Peredaran tembakau super atau biasa disebut tembakau gorila masih ditemukan di Yogyakarta.

Direktorat Reserse Narkoba Polda DIY menangkap empat orang penyalahguna narkotika yang sering digunakan untuk pengganti ganja ini.

Baca: Menyaru Sebagai Pembeli, Polisi Ringkus Pemakai dan Pengedar Tembakau Gorilla

Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda DIY, AKBP Baron Wuryanto menjelaskan terungkapnya peredaran tembakau gorila ini setelah pihaknya menangkap Roy Yulianto alias AJ di depan seputaran Jalan Solo-Yogyakarta, tepatnya di depan Kantor Bea Cukai Yogyakarta pada pertengahan September kemarin.

Dari informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, saat itu Roy tengah mengambil paket tembakau gorila seberat 1,24 gram.

Tertangkap tangan dengan barang bukti tersebut, pihak kepolisian lantas mengembangkan penyelidikan dan menangkap Iqbal Resky di Dusun Laweyan Solo.

Kedua pemuda ini berencana menggunakan tembakau gorila tersebut bersama-sama.

Sehari selanjutnya, petugas lantas menangkap RF pelajar kelas 3 SMK di Sleman dengan barang bukti yang sama.

Paket tembakau gorila dengan berat 1,88 gram disembunyikan oleh pelajar ini di dalam jaketnya.

Ketika diamankan, ia tengah dibonceng oleh Rio alias Kampes, dan dari pengakuan mereka, keduanya akan menggunakan barang terlarang itu bersama-sama.

"Dari penelusuran kedua kasus tersebut, kami mendapatkan benang merah bahwa mereka membeli tembakau gorila melalui sistem online, yakni dengan menghubungi pengedarnya melalui aplikasi jejaring Line," terang Baron, Selasa (16/10/2018).

Kesemua tersangka ini, mengetahui akun penjual tembakau gorila dari informasi mulut ke mulut.

Adapun tembakau gorila yang mengandung zat AB-CHMINACA sudah masuk dalam tabel narkotika golongan 1 dalam Permenkes Nomor 2 Tahun 2017.

Baca: Pakai Tembakau Gorila Bersama, 3 Pemuda Asal Jawa Tengah Diciduk Polda DIY

Bagi para tersangka, petugas menjeratnya dengan pasal 112 ayat 1 jo pasal 132 ayat 1 jo pasal 114 ayat 1 UU RI no 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman 20 tahun penjara.

Tiga orang tersangka yang sudah berstatus dewasa untuk sementara diamankan di ruang tahanan Polda, dan bagi yang masih di bawah umur di kirim ke Balai Perlindungan dan Rehablitasi Sosial Remaja Sleman.

"Saat ini kami juga tengah memburu pengedar yang menggunakan Line untuk komunikasi ke pembelinya. Namun dari yang sudah-sudah para pengedar ini selalu berganti-ganti akun, agar sulit dilacak oleh kepolisian," terangnya.(*)

Penulis: nto
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved