Sleman

Disperindag Sebut Ratusan UKM di Sleman Sudah Miliki Sertifikat HKI

Disperindag Sebut Ratusan UKM di Sleman Sudah Miliki Sertifikat Hak Kekayaan Intelektual.

Disperindag Sebut Ratusan UKM di Sleman Sudah Miliki Sertifikat HKI
Tribun Jogja/ Alexander Ermando
Kepala Disperindag Sleman Tri Endah Yitnani (kanan) 

Laporan Reporter Tribun Jogja Alexander Ermando

TRIBUNJOGJA.COM - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman menyadari bahwa Hak Kekayaan Intelektual (HKI) sangat penting dimiliki oleh para pelaku usaha kecil menengah (UKM).

Staf Bidang Industri Disperindag Sleman, Wulan menyatakan pihaknya sudah membantu pengurusan sertifikasi HKI UKM sejak tahun 2007.

"Per tahun ada 30 hingga 50 UKM yang kita fasilitasi. Sementara yang mengurus secara mandiri ada sekitar 100 pelaku. Jadi saat ini sudah ratusan yang memiliki sertifikat HKI," jelas Wulan via telepon, Minggu (14/10/2018).

Wulan menjelaskan, sebagian besar pemilik UKM mengurus perihal hak merek dari produk mereka. Selain hal merek, sertifikasi halal juga dibuat sebagai jaminan produk.

Baca: Tingkatkan Kesadaran Pelaku UMKM, Pemkab Sleman Gelar Sekolah Hak Kekayaan Intelektual

Ia mengakui bahwa sebagian besar UKM dan Disperindag Sleman masih sulit untuk melakukan sertifikasi hak paten. Sebab terkendala pada prosesnya yang cukup rumit.

"Persyaratan teknisnya adalah harus menuangkan desain produk dalam bentuk tulisan. Belum semua pelaku usaha memahami teknis tersebut," jelas Wulan.

Sebelumnya Disperindag Sleman akan menggelar sekolah terkait pengetahuan sertifikat HKI. Kegiatan tersebut akan digelar pada 16-22 Oktober mendatang.

Digelar selama 5 kali pertemuan, nantinya para pelaku usaha dibekali pemahaman mengenai pentingnya kepemilikan sertifikat HKI tersebut.

"Nanti akan kita undang 30 pemilik UKM sebagai tahap awal," kata Endah.(tribunjogja)

Penulis: Alexander Aprita
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved