Surya Sahetapy, Sosok yang Mengajari Presiden Jokowi Bahasa Isyarat

Jokowi belajar bahasa isyarat dari Surya Sahetapy, putra artis senior Dewi Yull dan Ray Sahetapy. Surya aktivis Komunitas Tuli.

Surya Sahetapy, Sosok yang Mengajari Presiden Jokowi Bahasa Isyarat
IG/SURYASAHETAPY
Surya Sahetapy (tengah) saat mengajari Presiden Jokowi menggunakan bahasa isyarat 

TRIBUNJOGJA.COM - Tepat sepekan lalu, tepatnya pada hari Sabtu(6/10/2018) malam , Presiden Jokowi secara resmi membuka Asian Para Games 2018 di Stadion Utama GBK Jakarta.

Uniknya, presiden memberikan pidatonya disertai dengan bahasa isyarat. Siapa sangka bahwa Jokowi mempelajari bahasa isyarat itu dari seorang pemuda yang membanggakan Indonesia?

Ya, Jokowi belajar dari Surya Sahetapy, putra dari artis senior Dewi Yull dan Ray Sahetapy. Surya adalah seorang aktivis Komunitas Tuli.

Berikut ini aktivitas Surya di dunia yang dibelanya saat ini. Pada tahun 2013, Surya mewakili Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Indonesia dalam Global IT for Youth with Disabilities di Bangkok, Thailand.

Pada tahun yang sama, pria kelahiran 21 Desember 1993 itu pun mulai aktif dalam kegiatan tentang bahasa isyarat.

Bahkan, pada 2016, Surya juga menjadi delegasi tuli dari Indonesia dan berkunjung ke markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di AS.

Bahasa Isyarat Jokowi

Menjadi sosok di belakang penampilan Pesiden yang menggunakan bahasa isyarat itu, Surya mengungkap bahwa Jokowi begitu bersemangat belajar bahasa isyarat.

"Beliau sangat sabar dan bersedia untuk dilatih secara berulang-ulang dalam menggunakan bahasa isyarat," katanya sebagaimana dilansir dari Grid.id.

"Seperti dari bandara, berjalan kaki menuju pesawat, dalam pesawat, bahkan di GBK sebelum opening dimulai," lanjut Surya mendeskripsikan betapa semangatnya Jokowi.

Halaman
12
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help