Rumah Zakat Akan Gelar Talkshow 'Jogja Peduli Bencana' pada Event Jogja Halal Festival

Pada festival ini, Rumah Zakat menggelar talkshow dan penggalangan dana bertajuk 'Jogja Peduli Bencana'

Rumah Zakat Akan Gelar Talkshow 'Jogja Peduli Bencana' pada Event Jogja Halal Festival
ist
Rumah Zakat akan menggelar talkshow dan penggalangan dana bertajuk Jogja Peduli Bencana, Minggu (14/10/2018) 

TRIBUNJOGJA.COM - Rumah Zakat hadir dalam event Jogja Halal Festival pada Minggu (14/10/2018) besok.

Pada festival ini, Rumah Zakat menggelar talkshow dan penggalangan dana bertajuk 'Jogja Peduli Bencana'

Hadir dalam kesempatan ini menjadi pembicara inspiratif yakni Nur Efendi CEO Rumah Zakat, Dewi Sandra Public Figure, dan Rahmat Widodo Relawan Rumah Zakat.

Dalam paparannya, Nur Efendi menjelaskan peran, melalui Aksi peduli bencana Rumah Zakat terus melakukan upaya untuk memulihkan dan membantu korban bencana.

Saat bencana Gempa Bumi 7 SR yang melanda NTB, Rumah Zakat langsung merespon dengan mengirimkan tim, mendirikan dapur umum, distribusi bantuan, mendirkan sekolah darurat, masjid darurat hingga mendirikan shelter terintegrasi untuk para korban bencana.

"Hingga saat ini di Masa Rehabilitasi NTB team Rumah Zakat masih berada di NTB untuk melakukan beberapa program pemberdayaan agar NTB Bangun Kembali," ujar Nur Efendi melalui keterangan tertulis yang diterima Tribunjogja.com

Rahmat Widodo, Relawan Rumah Zakat dalam event ini pun menceritakan pengalamannya selama bertugas di Lombok untuk membantu korban bencana.

Selain membantu korban bencana, Rahmat juga ditugaskan untuk membangun Shelter untuk para pengungsi.

"Saya senang melihat pengungsi tersenyum ketika mereka menempati Shelter yang sudah di sediakan Rumah Zakat. Sungguh mereka butuh bantuan kita agar mereka bisa bangun kembali dan berdaya kembali," ucapnya.

Untuk membantu pemerintah dalam penanganan bencana di Sulawesi Tengah, Rumah Zakat membuat empat gelombang tahapan aksi penanganan.

Penanganan mulai dari masa tanggap darurat hingga masa recovery dan rehabilitasi ini disesuaikan dengan kondisi dan fase bencana di lapangan.

Nur Efendi melanjutkan, sampai saat ini Aksi Rumah Zakat masih pada fase gelombang pertama.

"Fase meliputi evakuasi, assessment, pelayanan medis, penyaluran logistic, dan layanan dapur umum , serta mengirimkan ambulance dan mobil klinik," kata dia. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved