Travel

Museum Air Jogja Bay, Angkat Sejarah Selokan Mataram

Dalam museum tersebut, sejarah akan ditampilkan dalam dua model yakni visual berupa video dan gambar.

Museum Air Jogja Bay, Angkat Sejarah Selokan Mataram
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Seorang pengunjung saat mencoba menyaksikan satu wahana baru di Jogja Bay, yaitu Museum Air, Water for Life usai dibuka secara resmi, Sabtu (13/10/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Jogja Bay Waterpark baru saja meresmikan wahana baru berjudul Museum Air 'Water for Life', Sabtu (13/10/2018).

Dalam museum tersebut ada hal menarik yang menjadi pusat perhatian, ialah diangkatnya sejarah mengenai selokan mataram yang melintang di tengah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca: Tak Hanya Bermain, di Jogja Bay Ada Wahana Edukasi tentang Air

"Selokan ini dibangun pada masa pendudukan Jepang atas Indonesia pada tahun 1942. Bangunan saluran ini berfungsi untuk irigasi dan pengairan kawasan pertanian. Dibangun atas kecerdikan Sultan HB IX untuk menyelamatkan ribuan penduduk dari kekejaman budak Romusha Jepang saat itu," kata Public Relations Jogja Bay, Medha Zeli Elshita kepada Tribunjogja.com, Sabtu (13/10/2018).

Dalam museum tersebut, sejarah akan ditampilkan dalam dua model yakni visual berupa video dan gambar.

Serta gambaran kecil tentang detail pembangunan selokan mataram tersebut dengan satu scene khusus dalam perkotaan.

Selain itu, tujuan dihadirkannya selokan mataram dalam museum air ini ialah rekat kaitannya dengan proses pemanfaatan air kala itu.

Medha menambahkan, hal tersebut membuktikan betapa air sudah sangat penting dalam pemanfaatan serta penggunaan kala zaman perang waktu itu.

Hal tersebut menurutnya menjadi penting untuk diketahui generasi zaman sekarang khususnya anak-anak terhadap perkembangan pengolahan saluran air.

"Ini bukti bahwa air dari dulu sudah diatur sedemikian rupa. Selain itu selokan mataram belum banyak dibahas di museum-museum lain yang sudah ada," katanya.

Dalam Museum Air Jogja Bay ini juga memberikan beberapa zona yang didalamnya memuat tentang info display, water table interactive, classroom, video mapping dan virtual reality.

Baca: Mulai September, Jogja Bay Waterpark Terapkan Tarif Baru

Ada pula sembilan ruangan dengan tema yang berbeda.

Pengunjung akan dibekali ilmu pengetahuan tentang siklus dan manfaat air sehingga memahami betul akan pentingnya air bagi kehidupan.

Wahana Museum Air ini selama satu minggu kedepan akan dibuka secara gratis bagi pengunjung Jogja Bay.

"Mulai 13-20 Oktober 2018, Museum air ini akan kita buka secara gratis dan setelah itu akan kita kenakan biaya masuk sebesar Rp 25ribu per orang," pungkasnya. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help