Pendidikan

Mata Garuda DIY Dorong Alumni LPDP Berkontribusi di Sektor Strategis

Program Capacity Building berupaya mengakomodasi potensi para alumni dengan memberikan bekal yang dibutuhkan untuk berkontribusi di Indonesia.

Mata Garuda DIY Dorong Alumni LPDP Berkontribusi di Sektor Strategis
istimewa
Kegiatan Capacity Building Mata Garuda DIY yang diselenggarakan pada Sabtu (13/10/2018) di Kompleks Kepatihan Yogyakarta 

Laporan Reporter Tribun, Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Mata Garuda DIY sebagai organisasi intelektual penerima dan alumni beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) berusaha untuk menghimpun 1.103 anggota dengan program-program strategis yang telah terlaksana.

Melalui program Capacity Building, Mata Garuda DIY dengan didukung LPDP berupaya mengakomodasi potensi para alumni dengan memberikan bekal yang dibutuhkan untuk berkontribusi di Indonesia.

Baca: Ini Persyaratan, Jadwal dan Hal yang Perlu Diketahui tentang Beasiswa LPDP

Kegiatan Capacity Building Mata Garuda DIY yang diselenggarakan pada Sabtu (13/10/2018) di Kompleks Kepatihan Yogyakarta ini berfokus pada pengembangan kapasitas alumni LPDP melalui tiga sesi workshop yang diberikan.

Yakni berkarir di bidang pemerintahan, menjadi akademisi dan menulis jurnal ilmiah, serta peluang menjadi pengusaha di era digital.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 160 peserta ini menghadirkan tiga sesi workshop dengan enam narasumber ahli.

Janu Muhammad selaku Ketua Mata Garuda DIY berharap, kegiatan ini dapat mendorong para alumni LPDP untuk berkontribusi secara aktif sesuai bidangnya.

"Hal ini sejalan dengan visi misi LPDP untuk mencetak pemimpin dan profesional masa depan Indonesia," tutur dia pada Tribunjogja.com.

Berdasarkan data dari LPDP per 31 Agustus 2018, terdapat 1.103 penerima beasiswa LPDP dari DIY dengan 429 alumni yang bekerja di beberapa sektor strategis.

Baca: Tanya Awardee LPDP: Ini Kunci Masyithoh Annisa Ramadhani Dapatkan Satu Kursi Birmingham University

Janu menyebutkan, sebanyak 44 persen alumni telah bekerja sebagai akademisi dan peneliti, sebanyak 23 persen di sektor swasta, sedangkan 9 persen lainnya di sektor publik dan lainnya sebagai wirausaha, TNI, POLRI, serta BUMN.

Dengan persebaran alumni yang beragam di berbagai bidang, Janu berharap, para alumni LPDP di DIY dapat berperan lebih maksimal dan berkolaborasi dengan stakeholder yang ada.

"Demi terciptanya dampak positif yang diberikan untuk kemajuan pembangunan di Yogyakarta dan Indonesia tercinta," kata Janu. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help