Sleman

GKR Hemas Apresiasi Museum Air Jogja Bay Angkat Sejarah Selokan Mataram

Museum Air Jogja Bay memberikan beberapa zona yang di dalamnya memuat tentang pentingnya air bagi kehidupan makhluk di bumi ini.

GKR Hemas Apresiasi Museum Air Jogja Bay Angkat Sejarah Selokan Mataram
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
GKR Hemas (kiri) dan Bupati Sleman Sri Purnomo (kanan) saat ditemui media usai meresmikan dan berkunjung ke Museum Air Jogja Bay, Sabtu (13/10/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas turut hadir dan meresmikan secara langsung wahana baru Museum Air Water for Life Jogja Bay, Sabtu (13/10/2018).

GKR Hemas mengapresiasi langkah museum air menghadirkan sejarah selokan mataram.

Baca: Museum Air Jogja Bay, Angkat Sejarah Selokan Mataram

Menurutnya hal ini penting untuk diketahui oleh masyarakat khususnya anak dan pelajar agar memahami salah satu selokan bersejarah yang melintas di tengah DIY tersebut.

"Dengan adanya ini, memberikan gambaran bahwa masih banyak masyarakat yang belum tahu tentang sejarah selokan mataram dan ini penting untuk dipelajari, asal muasalnya," kata GKR Hemas kepada Tribunjogja.com usai meresmikan.

Pihaknya menilai hal ini menjadi bukti bahwa proses pengelolaan air sudah dipikirkan sejak zaman dulu sehingga generasi penerus bangsa dapat mengambil contoh maupun inspirasi terhadap proses maupun pembangunan sarana pengolahan dan pengelolaan air yang menyangkut hajat hidup orang banyak tersebut.

"Dan kita harap anak sekarang mau memahami dan mencari tahu sejarah perkembangan selokan mataram ataupun proses pengelolaan air itu sendiri," lanjutnya.

Hemas pun berharap dengan adanya museum air ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya museum, pentingnya sejarah dan menyadarkan masyarakat untuk hemat dan bijak dalam menggunakan air untuk kebutuhan.

"Air sumber kehidupan, sebagai manusia harus bijak, jangan boros dan air juga harus diperlakukan dengan baik," lanjutnya.

Dalam Museum Air Jogja Bay ini memberikan beberapa zona yang di dalamnya memuat tentang pentingnya air bagi kehidupan makhluk di bumi ini.

Zona tentang info display, water table interactive, classroom, video mapping dan virtual reality akan memanjakan pengunjung.

Ada pula sembilan ruangan dengan tema air yang berbeda-beda.

Baca: Tak Hanya Bermain, di Jogja Bay Ada Wahana Edukasi tentang Air

Pengunjung akan dibekali ilmu pengetahuan tentang siklus dan manfaat air sehingga memahami betul terhadap pentingnya air bagi kehidupan.

Wahana Museum Air ini selama satu minggu kedepan akan dibuka secara gratis bagi pengunjung Jogja Bay.

Setelah itu, bagi pengunjung yang ingin menyaksikan proses dan sejarah tentang air bagi makhluk hidup di Museum Air akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 25ribu per orang. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help