Yogyakarta

Tekan Penyebaran Berita Hoak, Polda DIY Tingkatkan Patroli Cyber

Tekan Penyebaran Berita Hoak Selama Masa Kampanye Pemilu 2019, Polda DIY Tingkatkan Patroli Cyber

Tekan Penyebaran Berita Hoak, Polda DIY Tingkatkan Patroli Cyber
Tribun Jogja/ Pradito Rida Pertana
Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto, saat memberikan keterangan terkait penetapan satu tersangka dalam kasus penusukan di sebuah Bar and Kitchen Jalan Perumnas, Condongcatur, Depok, Sleman. Kamis (20/9/2018) 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM - Polda DIY menggencarkan patroli cyber untuk menekan potensi penyebaran hoaks selama masa kampanye pemilu 2019.

Kabid Humas Polda DIY AKBP Yuliyanto  mengatakan patroli cyber dilakukan untuk mengurangi keresahan masyarakat akibat hoak.

"Apalagi sekarang ini sebagian digital. Harus ada patroli cyber supaya tidak menyebarkan berita bohong. Tidak menimbulkan perpecahan dalam masyarakat," katanya Kamis (11/10/2018).

Baca: Jaga Netralitas, KPU DIY Sosialisasikan Kampanye Pemilu 2019 Kepada Pelaku Media

Selain melakukan pengawasan pada informasi digital yang beredar, melalui patroli cyber pihaknya juga sekaligus memberikan konfirmasi pada masyarakat terkait berita yang beredar.

"Jadi alurnya begini, patroli cyber itu mencari kata kunci dengan mesin pencari. Lalu kita cek satu-satu itu yang muncul dari kata kunci. Kalau pantau, dan kita jadikan temuan,"jelasnya.

"Kalau misal informasi tidak benar, kami lakukan intervensi. Kami ikut komentar juga di sana, sekalian memberikan klarifikasi tentang berita itu. Kalau tidak ada klasifikasi kan bisa meresahkan masyarakat,"sambungnya. (tribunjogja)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved